Bisnis online memudahkan kita untuk bekerja kapan dan dari mana saja. (sumber gambar : brooke lark/unsplash)

Ingin Memulai Bisnis Online? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

04 July 2022   |   16:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Seiring dengan perkembangan digital yang makin pesat, banyak pelaku usaha yang saat ini menjalankan bisnis secara online. Apalagi makin banyak masyarakat yang terbiasa berbelanja secara online, baik melalui e-commerce dan marketplace, maupun situs resmi.

Berdasarkan data dari NielsenIQ tercatat adanya kenaikan jumlah konsumen Indonesia yang berbelanja secara online hingga 88 persen yakni dari 17 juta di tahun 2020 menjadi 32 juta di tahun 2021. Kenaikan jumlah konsumen yang berbelanja secara online, jelas ikut meningkatkan volume dan nilai transaksi belanja, terutama pada Hari Belanja Online (Harbolnas).

Kondisi ini tentu saja menjadi hal yang sangat menarik bagi para pelaku usaha untuk segera menghadirkan bisnisnya di ranah daring. Namun, sebelum kalian memulai bisnis secara online, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Baca juga: Ini Strategi Efektif Pebisnis Online Untuk Menarik Konsumen


Kelebihan

1. Bisa dimulai dengan Modal Minim

Saat akan masuk ke bisnis online, kalian bisa memulainya dengan modal minim bahkan tanpa modal sama sekali dengan menjadi reseller atau dropshipper. Untuk sistem yang satu ini, tugas kita hanya mempromosikan barang dagangan tersebut dengan membuat akun di e-commerce atau mengunggah produk melalui situs, dan media sosial.

Jika ada konsumen yang tertarik maka kalian tinggal memesan barang kepada produsen untuk langsung dikirim kepada konsumen, dengan menggunakan nama kalian sebagai reseller atau dropshipper.

Nah, jika kalian sudah memililki produk, maka berjualan secara online ini akan lebih hemat sebab kalian ngga perlu sewa toko. Cukup berjualan dari rumah, dan jadikan situs atau akun e-commerce kalian sebagai toko resmi.


2.  Bisa dilakukan Kapan Saja dan Dari Mana Saja

Karena tidak membutuhkan toko offline maka kalian bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja, hanya dengan bermodal internet. Selain itu, bisnis ini juga bisa terus berjalan bahkan saat kalian tertidur karena bisa saja konsumen berbelanja di toko kalian pada saat malam hari. Berbeda dengan toko offline yang dibatasi oleh jam buka dan jam tutup.


3. Pangsa Pasar Lebih Luas

Ini menjadi kelebihan lainnya berjualan online sebab kalian bisa menjangkau konsumen dari mana saja bahkan hingga ke pelosok daerah dan luar negeri, tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas maka kalian berkesempatan untuk mendapatkan konsumen dan penjualan yang lebih banyak.


4. Mudah Melakukan Promosi

Saat berjualan secara online maka kalian bisa melakukan promosi secara lebih mudah. Medianya pun sangat banyak mulai dari media sosial, situs, hingga blog. Kalian juga bisa menggandeng influencer yang memiliki banyak pengikut untuk membantu kalian mempromosikan bisnis atau usaha yang sedang kalian jalankan.
1
2


SEBELUMNYA

Pelesiran Asyik: Perjalanan Menapaki Negeri Dua Benua

BERIKUTNYA

Selain Mona Lisa, Ini Lukisan Terkenal Karya Leonardo da Vinci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: