Bisnis online memudahkan kita untuk bekerja kapan dan dari mana saja. (sumber gambar : brooke lark/unsplash)

Ingin Memulai Bisnis Online? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

04 July 2022   |   16:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kekurangan

1. Bergantung pada Jaringan Internet

Karena bisnis ini dilakukan secara online dan membutuhkan internet sebagai alat komunikasi utama, maka ketergantungan terhadap internet akan sangat tinggi. Jika suatu ketika jaringan internet kalian terganggu maka bisnis yang dijalankan pun akan ikut terkendala juga sehingga kalian tidak akan bisa melakukan transaksi apapun dengan konsumen.


2. Masalah Pengiriman

Karena proses berjualannya dilakukan secara online maka barang tidak bisa langsung diterima konsumen saat itu juga karena harus melalui proses pengiriman barang. Nah, proses pengiriman ini yang kadang kala menjadi kendala, mulai dari keterlambatan barang yang sampai ke tangan konsumen hingga adanya barang yang rusak saat proses pengiriman. 

Padahal proses pengiriman ini barang ini menjadi tanggung jawab pihak ekspedisi tetapi sering kali konsume memberikan penilaian buruk kepada seller karena adanya keterlambatan atau kerusakan barang pada saat proses pengiriman.


3. Risiko Penipuan Online

Masih maraknya kasus penipuan online ini menjadi salah satu kendala saat berbisnis secara online. Ini pula yang menjadi tantangan bagi pebisnis online untuk dapat membangun kepercayaan konsumen. Maka hal yang harus dilakukan adalah dengan bersikap jujur dan profesional dan bila perlu memberikan garansi kepada konsumen sehingga mereka bisa merasa puas dan percaya dengan toko kita.


4. Produk Tidak Sesuai

Membeli secara online tentu berbeda dengan offline yang produknya bisa langsung dilihat dan dicoba saat itu juga. Kadang kala saat berjualan secara online, produk yang kita display bisa saja tidak 100 persen sama dengan yang sampai di tangan konsumen mulai dari bahan hingga warna, dan ukuran. Maka penting untuk memberikan deskripsi yang lengkap saat menjual barang secara online

Nah, Genhype itu dia tadi kelebihan dan kekurangan saat akan berjualan secara online. Sudah siap menjadi pebisnis online?

Editor: Nirmala Aninda 
1
2


SEBELUMNYA

Pelesiran Asyik: Perjalanan Menapaki Negeri Dua Benua

BERIKUTNYA

Selain Mona Lisa, Ini Lukisan Terkenal Karya Leonardo da Vinci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: