Mona Lisa adalah salah satu dari banyak karya Leonardo da Vinci yang sampai saat ini masih menjadi daya tarik (sumber gambar: Pexels/Jill Evans)

Selain Mona Lisa, Ini Lukisan Terkenal Karya Leonardo da Vinci

04 July 2022   |   16:36 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Leonardo da Vinci adalah salah satu seniman dunia yang karya-karyanya hingga saat ini masih menjadi magnet bagi para pecinta seni dan kolektor di seluruh dunia. Da Vinci yang lahir di Italia itu dikenal sebagai salah satu seniman paling hebat sepanjang masa. 

Lahir di Vinci, Italia, pada 1452, dia telah membuat banyak lukisan tersohor. Sejumlah karya sang seniman bahkan banyak yang diproduksi ulang atau berusaha dipalsukan. Salah satu hasil tangan dari Leonardo da Vinci yang banyak diproduksi ulang adalah Mona Lisa.

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa karya besar dari seorang Leonardo da Vinci:

Baca Juga : Cerita di Balik Lukisan-Lukisan Karya Maestro Koleksi Istana Kepresidenan 
 

Mona Lisa

Mona Lisa adalah karya lukisan dari sang maestro yang sangat terkenal hingga sekarang. Keberadannya di Museum Lovre, Prancis, masih banyak dikunjungi oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Dilansir dari laman Museum Louvre, Mona Lisa yang sedang tersenyum penuh dengan teka-teki, dan membuat banyak orang di dunia terpesona oleh lukisan tersebut selama beratus-ratus tahun.

Salah satu dari banyak orang yang terpesona dengan Mona Lisa adalah Raja François I, dan membuat sang raja membelinya pada 1518 silam. Seiring kepopuleran lukisan tersebut, banyak pihak berusaha merusak Mona Lisa.

Beberapa waktu lalu, seseorang yang menyamar sebagai orang tua melempari lukisan tersebut dengan kue. Namun, karena sejak 2005 sudah dilindungi kotak kaca pelindung, lukisan tersebut tetap aman.

Lukisan yang pernah dicuri dari Louvre, dan membuatnya menghilang selama 2 tahun tersebut menunjukkan seorang Lisa Gherardini, yakni istri pedagang sutra Florentine Francesco del Giocondo.

Senyum misterius sang Mona Lisa memang sangat terkenal. Namun, aspek lain yang membuat lukisan itu istimewa adalah teknik sfumato yang digunakan oleh sang seniman, di mana dia berhasil menangkap wanita itu ketika menoleh dalam gerakan alami yang menghidupkan lukisan.
 

The Last Supper

Lukisan lain dari Leonardo da Vinci yang sangat terkenal adalah The Last Supper atau Perjamuan Terakhir. Dilansir dari Milan Museum, karya sang maestro berada di dinding ruang makan bekas biara Dominika Santa Maria delle Grazie.

The Last Supper dibuat oleh da Vinci di bawah pemerintahan Ludovico il Moro atau dilukis pada 1494 – 1498 dengan  ukuran tinggi 4,6 meter dan lebar 8,8 meter. Sang seniman membuat karya ini dengan tempera dan minyak pada gipsum.

Diketahui bahwa dia melakukan penelitian mendalam untuk membuat sketsa lukisan Perjamuan Terakhir sebelumnya. Dalam proses berkarya itu,  da Vinci disebut tidak menggunakan metode tradisional fresco, yakni melukis pemandangan “kering” di dinding ruang makan.

Sang seniman diperkirakan membuat The Last Supper dengan cara yang jauh lebih realistis, termasuk detail yang berharga dengan melihat jejak foil emas dan perak. yang ditemukan pada lukisan tersebut.
 

Salvator Mundi

Salvator Mundi adalah lukisan lain yang sangat terkenal dari pelukis asal Italia itu. Pada 2017, lukisan karya Leonardo da Vinci ini berhasil terjual dengan harga US$450,3 juta di rumah balai lelang Christies. 

Karya sang seniman yang diperkirakan berasal dari 1500 ini memiliki ukuran 65,7 x 45,7 cm. Mahakarya tersebut menggambarkan sosok setengah badan yang disebut kristus menghadap ke depan, memegang bola kristal di tangan kiri.

Lukisan mempertahankan kehadiran yang luar biasa dan rasa misteri yang menghantui. Hal ini menjadi salah satu ciri khas lukisan-lukisan terbaik darinya. Da Vinci melukis wajah dalam lukisan itu dengan sangat lembutan.

Luke Syson, dalam laman Christies, berspekulasi bahwa Leonardo mungkin telah membuat lukisan itu untuk keluarga kerajaan Prancis dan lukisan itu dibawa ke Inggris oleh Ratu Henrietta Maria ketika menikah dengan Raja Charles I pada tahun 1625. Lukisan ini disebut – sebut telah menghilang selama 200 tahun, dan ditemukan kembali pada 1900. 

SEBELUMNYA

Ingin Memulai Bisnis Online? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

BERIKUTNYA

Apa Itu Penyakit Angin Duduk? Penyebab Kematian Mendadak pada Seseorang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: