Ilustrasi seseorang yang menjual produk di media sosial (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)

7 Kiat Sukses Raup Cuan lewat TikTok Shop untuk Bisnis

04 July 2022   |   13:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa tahun belakangan ini, TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digandrugi masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, TikTok pun kini tak hanya sebagai hiburan, namun juga menjadi media untuk berbisnis melalui fitur TikTok Shop.

Diluncurkan sejak September 2021 lalu, TikTok Shop merupakan fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk menjual produk tertentu melalui TikTok. Fitur ini bisa digunakan untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis.

Fitur TikTok Shop sudah tersedia untuk pengguna akun bisnis TikTok di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Indonesia. Berdasarkan survei Adweek-Morning Consult pada 2021 menemukan bahwa 49 persen pengguna TikTok telah membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di aplikasi video singkat itu.

Baca juga: TikTok Shop Ekspansi ke Thailand, Vietnam dan Malaysia

Survei itu juga menyebut bahwa pengguna TikTok merupakan kelompok pembeli di media sosial yang paling potensial. Dengan 71 persen pengguna yang merupakan generasi Z, TikTok disebut kian kompetitif dengan situs media sosial besar lainnya seperti Instagram dan Facebook.

Nah, buat kalian yang ingin sukses berjualan di TikTok Shop, berikut adalah tujuh kiat yang bisa dicoba melansir dari berbagai sumber.


1. Ubah ke akun bisnis

Cara daftar di TikTok Shop yang pertama adalah mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis, dengan cara:
  • Klik icon titik tiga yang berada di pojok atas.
  • Klik ‘Kelola Akun Saya’.
  • Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’.
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis kalian.
  • Klik edit profil, seperti menambahkan foto profil akun yang menarik dan mengisi bio keterangan bisnis secara lengkap.
  • Tambahkan juga link jualan bisnis kalian di platform e-commerce jika diperlukan.


2. Membuat konten menarik yang kekinian

Membuat konten yang menarik akan memungkinkan pengguna TikTok berkunjung pada bisnis kalian hingga membeli produk yang dijual. Oleh karena itu, penting untuk membuat konten semenarik mungkin.

Misalnya, membuat konten perkenalan bisnis, perkenalan produk, konten promosi penjualan, keunikan produk, dan lain sebagainya. Agar cara jualan di TikTok bisa viral, tambahkan dengan backsound dan filter yang sedang populer.
 

v

Ilustrasi seseorang yang menjual produk di media sosial (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)


3. Maksimalkan fitur-fitur TikTok

Selain membuat konten yang menarik, kalian juga perlu memikirkan bagaimana cara menyajikan konten itu semenarik mungkin. Caranya, kalian bisa memaksimalkan pemakaian fitur yang tersedia di aplikasi TikTok mulai dari filter, effect suara, dan transisi. Fitur editing video ini akan membuat konten yang kalian buat lebih menarik. Kalian juga bisa memanfaatkan fitur seperti duet, stitch atau react untuk berkolaborasi dengan kreator lain.
1
2


SEBELUMNYA

Resep Sate Taichan, Nikmat dengan Sajian Sambal Pedas

BERIKUTNYA

Punya Benjolan di Sekitar Bagian Tubuh Ini, Waspada Gejala Kanker Limfoma

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: