#MajuBareng TikTok (Dok. TikTok Indonesia)

#MajuBareng TikTok Percepat Digitalisasi Usaha Kecil Menengah

28 May 2021   |   13:15 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Sobat GenHype yang berkecimpung di bidang usaha kecil dan menengah (UKM) serta industri kecil dan menengah (IKM), ada kabar baik nih.

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), TikTok Indonesia menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis dalam negeri bertajuk #MajuBarengTikTok.

Program #MajuBarengTikTok terdiri dari rangkaian pelatihan inspiratif bagi UKM serta IKM di seluruh Indonesia.

Program ini turut didukung oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), dan sejumlah mitra terkait.

Digitalisasi memberikan pengaruh dalam peningkatan bisnis UKM dan IKM. Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa UKM yang terhubung platform digital mengalami pertumbuhan, dengan peningkatan transaksi daring sebesar 26%. 

Sementara saat ini baru 19% atau sekitar 12 juta UKM yang mengakses platform digital, termasuk untuk pemasaran. Oleh karena itulah, pemerintah menargetkan 30 juta dari 64 juta UKM bisa go digital di tahun 2023.
 

#MajuBareng TikTok (Dok. TikTok Indonesia)

#MajuBareng TikTok (Dok. TikTok Indonesia)


Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM, Kemenkop UKM menuturkan digitalisasi adalah bagian penting untuk penguatan ekonomi Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM).

"Untuk bisa mewujudkannya, perlu adanya kolaborasi dengan platform digital melalui program literasi digital, pengembangan kapasitas SDM, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi hingga mengoptimalkan akses pasar bagi para pelaku usaha" ujar Dwi dalam konferensi pers virtual.

Dalam konteks industri, kemudahan akses dapat meningkatkan konsumsi sekaligus kebanggaan masyarakat akan produk dalam negeri.

Menurut Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, saat ini kualitas industri kecil, menengah, dan aneka negeri terus meningkat ke arah yang baik, mulai dari inovasi, originalitas, hingga manfaat produk.

Perkembangan positif ini perlu disinergikan dengan akses transaksi digital yang mudah di berbagai kanal, IKM harus dapat beradaptasi dengan teknologi dan cara pemasaran yang terus berkembang agar IKM dapat terus tumbuh dan berkembang dengan optimal, tambahnya.

"UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Kami selalu berusaha mendukung pertumbuhan keduanya dengan menyediakan platform, di mana mereka bisa menyampaikan pesan brandnya, termasuk dengan berbagai fitur dan tools yang tersedia, dengan anggaran yang fleksibel," ungkap Head of SMB, TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro.

Sebagai platform digital, TikTok mendorong percepatan digitalisasi UKM dan IKM melalui program #MajuBarengTikTok, yang akan diselenggarakan pada 3-29 Juni 2021. 

Inisiatif ini berupa rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia. 

Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen. 

TikTok juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Telkomsel, BCA,  Pertamina, GoFood, BliBli, Moka, Foodizz, Micro Mentor, hingga SMESCO, untuk turut memberikan materi yang bermanfaat bagi UKM dan IKM.

Setelah mendapat serangkaian pelatihan di kelas online, peserta #MajuBarengTikTok akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat digital. 

Para peserta diharapkan dapat langsung mempraktikkan keterampilan secara langsung di aplikasi dengan panduan dari tim TikTok. 

Peserta yang terpilih juga berkesempatan mendapat bantuan berupa credit ads TikTok, sehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung ke bisnis masing-masing.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30.000 pelaku UKM di seluruh Indonesia. 

Program #MajuBarengTikTok pun ditargetkan dapat menjangkau 50.000 pelaku UKM dan IKM. 

Informasi lebih lengkap mengenai program #MajuBarengTikTok termasuk formulir pendaftaran dapat diakses di www.MajuBarengTikTok.com.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Panduan Memilih Karpet, Biar Rumah Kalian Jadi Lebih Asyik

BERIKUTNYA

Koleksi Wakai Kids Terbaru Kedatangan Karakter We Bare Bears

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: