Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Platform Digital selama Ramadan (Photo by Hello I'm Nik on Unsplash)

Aktif Bermedsos Saat Berpuasa, Kenapa Tidak

05 May 2021   |   20:12 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada bulan Ramadan, kita tidak hanya diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus tapi juga menjaga sikap agar ibadah yang kita lakukan selama sebulan penuh tidak menjadi sia-sia.

Menjaga sikap tidak hanya perlu dilakukan ketika kita berinteraksi langsung dengan orang lain, saat berselancar di media sosial pun, kita harus menjaga hati baik untuk diri sendiri dan untuk menjaga kenyamanan bagi netizen dan warga digital lainnya.

Head of Operations TikTok Indonesia  Angga Anugrah Putra beberapa waktu lalu mengatakan pada masa sekarang, teknologi menyatukan keluarga, kerabat, dan teman, serta memperkaya kehidupan kita dalam berbagai cara. 

"Sebagai bagian dari dunia yang terkoneksi, kami pun mendorong komunitas kami untuk bertanggungjawab dalam menggunakan internet secara aman, cerdas, dan baik," katanya.

Dari TikTok, ada beberapa kiat bersosialisasi di internet supaya pengalaman bermedsos kalian tetap nyaman pada bulan Ramadan dan seterusnya.

Untuk memperkuat keamanan dan kenyamanan di platformnya, TikTok membangun tools yang menyediakan kontrol kepada komunitas untuk membentuk pengalaman mereka, serta terus mendengarkan masukan dari komunitas dan para ahli.

1. Menikmati pengalaman di internet, secukupnya
Terlalu lama berkutat di internet dapat berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya mata kering, pusing, atau sakit pada pergelangan tangan. Belum lagi jika secara mental, kita sudah terlalu sering membicarakan hal-hal yang terjadi di dunia maya. 

TikTok menyarankan untuk menggunakan fitur Kesejahteraan Digital, di mana pengguna bisa membatasi waktunya di layar dengan mengatur durasi tertentu. Jika waktunya sudah habis, secara otomatis aplikasi TikTok akan ter-logout dan memberikan semacam 'pengingat' kepada sang pengguna untuk berisitrahat.
 

media sosial

media sosial



2. Menjaga hati selama beribadah
Selama bulan puasa, kesabaran adalah hal utama yang diuji. Bukan hanya kesabaran menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan amarah. Terkadang komentar atau konten di platform digital bisa mempengaruhi emosi. 

Untuk membantu menumbuhkan rasa nyaman saat mengunggah dan menikmati konten di platform, pengguna TikTok dapat memanfaatkan fitur Saring Semua Komentar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan komentar mana yang akan muncul di videonya. Saat diaktifkan, komentar tersebut tidak akan muncul, kecuali diperbolehkan oleh penggunanya, menggunakan alat pengaturan komentar terbaru.

3. Berucap baik kepada warga digital
Di platform digital, dimana semuanya memiliki kesempatan untuk berekspresi, kadang kita akan menemukan konten yang tidak kita sukai atau tidak sependapat. Namun, bukan berarti kita bisa memberikan komentar buruk yang bisa berdampak negatif kepada warga digital lainnya, terutama di bulan Ramadan yang menjadi saat tepat untuk menumbuhkan kebiasaan baik. 

Untuk membantu mengingatkan pengguna sebelum mengunggah suatu komentar, TikTok menghadirkan fitur khusus yang akan memberikan pesan pop-up untuk mengajak pengguna berpikir sekali lagi sebelum benar-benar meng-klik tombol komentar.

4. Saring sebelum sharing
Kalimat ini sering diucapkan belakangan ini, di tengah banyaknya informasi di dunia maya yang tercampur antara berita yang akurat dengan fake news. Bulan Ramadan dan hari Lebaran pun diperkirakan akan terjadi arus informasi yang luar biasa, seperti berita soal mudik dan kondisi di kampung halaman. 

TikTok mengingatkan penggunanya untuk memperhatikan sumber video dan memastikan keakuratan informasi sebelum membagikannya kepada orang lain ataupun me-repost. Pengguna bisa mengakses akun-akun kantor berita yang ada di TikTok untuk mendapatkan informasi yang kredibel, ataupun mem-follow akun sejumlah kementerian yang ada di TikTok untuk memperoleh kabar resmi.

Editor: Purboyo




 

SEBELUMNYA

Konsep Rumah ini Dinilai Cocok Diterapkan pada Masa Pandemi, yang Lain Minggir Dahulu

BERIKUTNYA

Lomba Foto Bisnis Indonesia Di Rumah Aja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: