Ilustrasi medis (Sumber gambar - Unsplash - Online Marketing)

Punya Benjolan di Sekitar Bagian Tubuh Ini, Waspada Gejala Kanker Limfoma

04 July 2022   |   13:33 WIB

Jika kalian memiliki benjolan di sekitar leher, ketiak, atau pangkal paha sebaiknya, segera memeriksakan diri kalian ke dokter. Jika benjolan lebih dari satu dan tidak terasa sakit, kemungkinan besar itu merupakan gejala kanker limfoma. Memang tidak semua benjolan merupakan gejala kanker.

Namun, memeriksakan diri dengan segera merupakan langkah bijak untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh yang berfungsi menyaring dan menghancurkan berbagai organisme penyebab penyakit. 

Kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma adalah kanker yang terjadi pada jaringan limfoid. Kanker limfoma hanya menyerang sel darah putih, dan kanker tersebut berkumpul di dalam kelenjar getah bening yang jumlahnya lebih dari 600 dalam tubuh. Limfoma alias kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu penyakit kanker yang seringkali terlambat di deteksi. 

Baca juga: Imunoterapi, Harapan Baru Pengobatan 3 Jenis Kanker

Survey dari Lymphoma Coalition pada 2014 menunjukkan, hanya 16 persen pasien yang terdeteksi menderita penyakit ini sejak awal. Sisanya, para penderita justru tidak tahu mereka mengidap kanker limfoma. Padahal, deteksi dini merupakan salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan penyakit tersebut. 
 

Gejala yang muncul

Andhika Rachman, Dokter Spesialis Penyakit Dalam menuturkan penderita kanker limfoma tidak menyadari keberadaan benjolan tersebut karena tidak menimbulkan rasa sakit. Untuk menentukan apakah benjolan tersebut merupakan gejala kanker atau bukan, memang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Namun, beberapa gejala lain yang muncul bisa menjadi pengamatan awal. Andhika menuturkan, salah satu gejala yang sering terjadi adalah penurunan berat badan hingga 10% selama enam bulan terakhir. 

Selain itu, penderita biasanya juga mudah berkeringat pada malam hari meskipun dalam kondisi udara dingin. Gejala umum lainnya adalah peningkatan suhu tubuh atau demam hingga 38 derajat celcius. Demam ini biasanya bisa hilang dan timbul begitu saja.  “Mendeteksi gejala kanker sejak dini akan membantu menyembuhkan penyakit ini,” ujarnya. 
 

Jenis limfoma

Andhika menjelaskan, kanker limfoma ada dua jenis, yaitu limfoma hodgkin dan non-hondgkin. Jenis yang kedua berada di urutan ke-7 sebagai kanker yang paling sering menyerang masyarakat Indonesia. Pada 2012, diperkirakan terdapat lebih dari 13.000 kasus kanker kelenjar getah bening yang terdeteksi. 
 

Mengetahui Benjolan

 Cara yang paling mudah untuk mengetahui ada tidaknya benjolan adalah dengan meraba ketika mandi karena pada saat itu tubuh sedang dalam keadaan licin. Jika ditemukan benjolan lebih dari satu dan tidak juga mengecil setelah diobati, maka harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan kanker kelenjar getah bening nonHodgkin. 

Untuk memastikannya perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter antara lain dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, rontgen dada, maupun mengambil sampel jaringan kelenjar getah bening untuk diperiksa atau biopsi. 

Pada limfoma hodgkin, kemungkinan bertahan hidup pasien lebih besar ketimbang jenis yang kedua. Namun, kanker jenis ini lebih banyak menyerang anak usia remaja mulai dari 12 tahun-20 tahun. Limfoma biasanya menyerang mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah seperti penderita autoimun.
 

Faktor Riwayat Keluarga

Selain itu, faktor riwayat keluarga juga menjadi salah satu perhatian. Jika ada anggota keluarga yang sudah lebih dulu terdeteksi mengalami kanker, kemunculan gejala-gejala awal seperti yang sudah disebutkan di atas patut menjadi perhatian serius.

Baca juga: Waspada, Kutil Kelamin Bisa Menjadi Kanker Serviks

Seperti halnya jenis kanker lainnya, faktor gaya hidup juga menjadi pemicu utama. Mereka yang mengalami obesitas, sering mengonsumsi makanan tidak sehat atau bahkan terlalu banyak makan daging merah akan meningkatkan risiko penyakit ini. 

Catatan redaksi: Artikel ini diambil dari Bisnis Indonesia Weekend edisi 2 Oktober 2016

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

7 Kiat Sukses Raup Cuan lewat TikTok Shop untuk Bisnis

BERIKUTNYA

Dapat Cashback Premi Asuransi, Cek 5 Manfaat AIA Vitality

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: