Sanghyang Kenit , hidden gem yang ada di Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Sumber gambar : Instagram Sanghyang Kenit)

Mau Liburan? Intip Dulu 6 Hidden Gems Ini

28 June 2022   |   22:00 WIB

Destinasi ekowisata tengah menjadi tren di masa transisi pandemi Covid-19. Mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan masyarakat, pembelajaran, dan pendidikan, lokasi tersebut menjadi salah satu peluang strategis untuk mendorong geliat pariwisata.

Data internal OYO mencatat, terjadi peningkatan pemesanan kamar sebesar 176 persen pada Mei 2022. Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Sumatera Utara yang banyak menyajikan wisata alam, menjadi destinasi favorit bagi pelanggan untuk berlibur bersama keluarga. 

Di daerah tersebut, terdapat destinasi ekowisata tersembunyi atau hidden gem yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk dikunjungi para wisatawan pecinta alam. Berikut destinasi hidden gems yang bisa kamu kunjungi. 

Baca jugaIni 5 Destinasi Ekowisata di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi
 

1. Sanghyang Kenit


Terletak di Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, destinasi ekowisata ini menyediakan pemandangan arus sungai dan gua-gua purba. Dibendungnya aliran Sungai Citarum Purba ke PLTA Rajamandala, membuat air yang melewati Sanghyang Kenit mendangkal. Arusnya pun saat ini cenderung tenang mengalir di antara bebatuan purba.  

Baca juga7 Tips Liburan dengan Konsep Ekowisata, Agar Traveling Kalian Lebih Bermakna


2. Stone Garden


Situs Gua Pawon di daerah Citatah, Jawa Barat ini merupakan kompleks gua purbakala dimana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda. Hingga saat ini, kerangka tersebut masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung. 


3. Smart Farming


Terletak di Desa Cibeunying, Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, destinasi ini cocok menjadi tempat berlibur bersama keluarga dan ramah anak. Menawarkan pemandangan kebun dan sawah yang asri, destinasi ini juga menyediakan kebun stroberi dan bukit pinus.


4. Puncak Manik


Berada di Desa Bangunharja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Puncak Manik menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga dan anak-anak. Destinasi ini menawarkan edukasi perikanan dan pertanian, fun tubing di sungai Cihonje,  susur hutan Cicapar, puncak manik kidzland, flying fox, permainan outbound, hingga pemandangan lembah Cipetir. 


5. Goa Resi


Goa yang berada di Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah ini menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang asri berupa obyek foto di dalam goa. Bukan dengan suasana gelap yang menyeramkan melainkan dengan background lampu warna-warni diiringi tetesan air dari atas goa. Ada pula kolam renang yang dapat dinikmati oleh anak-anak. 


6. Carangsari Village Cycling 


Bersepeda paling asyik di jalan Desa Carangsari. Tur yang sangat cocok untuk semua tamu dari segala usia. Dalam tur bersepeda ini memungkinkan wisatawan dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari warga lokal, budaya Bali dan ditemani oleh pemandangan alam yang menakjubkan. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Sentuhan Cinta Ivan Gunawan dalam Gaun Pengantin Anggun Ala Putri Rusia

BERIKUTNYA

Kreatif, Limbah Kulit Kerang Disulap Jadi Perhiasan Cantik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: