Ilustrasi pijat bayi. (Unsplash.com/@punkhoa)

Moms, Pijat Bayi Penting Lho Buat Bangun Bonding Attachment

27 June 2022   |   17:12 WIB

Orang tua di perkotaan kerap terlalu sibuk, sehingga terpaksa menyerahkan mengurus bayi mereka kepercayaan kepada orang lain. Padahal, semua mafhum bahwa mengurus bayi itu butuh perlakuan khusus, termasuk memberikan sentuhan dan pijatan yang diyakini bisa menciptakan kedekatan dengan Si Kecil.

“Jadi manfaat pijat bayi tidak hanya bisa dirasakan oleh si bayi, tapi juga bisa dirasakan oleh orang  tua,” kata instruktur pijat bayi dari  The Bubu Institute Mia Sa’adah.

Melalui pijat bayi, anak sudah diajarkan sejak dini bagaimana berkomunikasi dengan orang terdekat, sehingga menimbulkan bonding attachment antara orang tua dan anak. Pijat bayi pada anak, lanjutnya,  bisa dilakukan mulai anak berusia 2  bulan hingga balita.

Baca juga: Kenali Ragam Mainan Bayi sampai Balita


Tentunya, ini  disesuaikan dengan gerakan dan  tekanannya yang berbeda-beda.  Agar tujuan menciptakan kedekatan dengan bayi tercapai, orang  tua juga harus melakukan sendiri  aktivitas memijat pada bayinya.  Apalagi, orang tua merupakan  terapis terbaik untuk pijat bayi.

Tak hanya itu saja, pijat bayi juga  bisa menurunkan kadar stres bagi  para ibu, dengan begitu air susu ibu  atau ASI pun akan lebih lancar  mengalir. Bagi si bayi, seperti halnya pada  orang dewasa, pijatan berfungsi  untuk membuat otot-ototnya lebih  rileks.

Yang tak kalah penting,  aktivitas pijat bayi bermanfaat positif bagi tumbuh kembang anak. Perempuan yang juga merupakan admin di Komunitas Homemade  Healthy Baby Food ini menyebutkan dengan dipijat, bayi juga akan  merasakan tidur yang lebih nyaman. 

Bayi pun tak akan mudah rewel atau  menangis.  Waktu yang efektif untuk memijat  bayi yaitu setelah bayi bangun tidur  atau saat bayi kelelahan. Orang tua  juga bisa melakukannya dengan  mem perhatikan ekspresi bayi  terlebih dahulu.

Baca juga: Ini 5 Kiat Mendekorasi Kamar Bayi yang Tepat

Jika dia terkesan tidak mau dipijat, jangan dipaksakan. Orang tua bisa mulai mempraktikan pijat bayi saat anaknya  memasuki usia 2 bulan. Memijat bayi tentu tak boleh sembarangan. Ayah bunda bisa mempelajari bagaimana menjadi terapis yang  baik dengan mengikuti kelas pijat bayi. 

Catatan redaksi: artikel dikutip dari BI Weekend edisi 7 Juni 2015.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Bunda Harus Tahu, 4 Tip Ini Dijamin Bikin Asisten Rumah Tangga Betah dan Loyal

BERIKUTNYA

Desain Hunian Kembali ke Alam dengan Konsep Rumah Bambu yang Unik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: