Menjelang kelahiran si buah hati, setiap orang tua tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk dekorasi kamar bayi (Sumber gambar: Sidekix Media/Unsplash)

Ayah Bunda, Ini 5 Kiat Mendekorasi Kamar Bayi yang Tepat

20 May 2022   |   12:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang kelahiran si buah hati, setiap orang tua tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk dekorasi kamar bayi. Berbeda dengan kamar pada umumnya, kamar bayi biasanya akan dipenuhi dengan barang-barang dan peralatan khusus untuk si kecil. Oleh karena itu, penting untuk menata dekorasi kamar bayi dengan tepat.

Meski tidak sulit, mendekorasi kamar tidur bayi juga tidak bisa dianggap mudah. Apalagi, jika para orang tua mendekorasi kamar bayi untuk pertama kalinya. Melansir dari Pinkvilla, Jumat (20/5/2022), berikut adalah 5 kiat mendekorasi kamar bayi.


1. Perhatikan pencahayaan

Cahaya memainkan peran penting untuk menciptakan suasana yang tenang di kamar bayi. Ruangan yang gelap dan remang tanpa lampu yang tepat bisa membuat bayi rentan rewel. Sebaliknya, kamar dengan lampu yang hangat bisa membuat si kecil nyaman.

Jangan pilih lampu dengan pencahayaan yang terlalu terang, tapi pilihlah lampu LED dengan pencahayaan yang lembut. Pada bagian jendela, pastikan menggunakan tirai tipis untuk menutupinya agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke kamar bayi.

Baca juga: Begini Cara Mengubah Sisa Lahan Kecil di Rumah Menjadi Taman Cantik


2. Pilih cat kamar yang aman

Mengecat kamar si kecil dengan warna-warna ceria adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan mereka menarik. Sebelumnya, kamu juga harus menentukan tema dan palet warna apa yang akan digunakan dalam ruangan.

Disarankan untuk memilih hanya 2-3 palet warna pastel atau lembut lainnya untuk menciptakan suasana yang nyaman. Selain itu, gunakan cat tanpa senyawa organik volatil (VOC), karena cat ini tidak berbau dan aman untuk ibu dan bayi.
 

Pavel Danilyuk

Contoh siluet dekorasi yang bisa dibuat sendiri (Sumber gambar: Pavel Danilyuk/Pexels)


3. Bikin siluet dekorasi

Mendekorasi dinding kamar bayi dengan berbagai hiasan pastinya akan memakan biaya yang tak sedikit. Padahal, dengan sedikit kreativitas, kamu bisa membuat sendiri hiasan dinding yang menarik dan lebih hemat.

Pertama, tentukan tema dekorasi yang ingin kamu buat di kamar si kecil mulai dari magical, bintang-bintang hingga tema princess. Setelah itu, kamu bisa mencetak siluet atau gambar yang mendukung tema tersebut dan memotongnya dengan rapi, lalu menempelkannya di dinding.

Baca juga: 7 Cara Memaksimalkan Ruangan Untuk Hunian Mungil
 

4. Pilih furnitur yang aman

Tantangan lain dalam mendekorasi kamar bayi adalah memilih furnitur atau barang-barang yang aman. Sebab, selain menjadi tempat tidur, kamar si kecil juga kerap menjadi tempat bermain bagi mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memilih furnitur yang aman untuk kamar bayi seperti diantaranya memilih meja yang bundar dan tidak tajam pada tiap sudutnya, ranjang dengan pagar dan sofa yang empuk.

Baca juga: 7 Cara Memilih Karpet yang Aman untuk Anak, Kalian Para Ortu Wajib Tahu Nih


5. Perhatikan tempat penyimpanan 

Bayi yang baru lahir biasanya akan membutuhkan banyak keperluan barang dan peralatan khusus. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan tempat-tempat penyimpanan untuk memisahkan sekaligus merapikan barang-barang si kecil. Letakkan tempat penyimpanan di dekat kasur yang memudahkan ibu untuk mengambilnya jika sewaktu-waktu membutuhkan. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tom Cruise Disambut Jet, Standing Ovation Hingga Palme d'Or di Festival Film Cannes

BERIKUTNYA

Tembus 7 Juta Penonton, KKN di Desa Penari Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: