NBA Draft telah melahirkan banyak bintang dalam sejarah basket seperti Michael Jordan, Stephen Curry, Kobe Bryant, LeBron James, Giannis Antetokounmpo, dan pemain lainnya (sumber gambar: NBA.com)

NBA Draft 2022 Akan Segera Dimulai, Cek Fakta-fakta Menariknya

24 June 2022   |   13:30 WIB

Bagi kalian pecinta olahraga bola basket, NBA Draft 2022 akan terlaksana di Barclays Center, Brooklyn, Amerika Serikat  pada Kamis, 23 Juni 2022 waktu setempat. Perlu diketahui, NBA Draft merupakan acara tahunan yang sudah diadakan sejak 1947 dan sangat dinantikan penggemar basket.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id,  NBA Draft akan menampilan penampilan ciamik tim-tim NBA dengan pemain yang memiliki star-potential dan memenuhi syarat untuk bergabung di liga.

Dalam perjalanan acara tersebut, NBA Draft telah melahirkan banyak bintang dalam sejarah basket seperti Michael Jordan, Stephen Curry, Kobe Bryant, LeBron James, Giannis Antetokounmpo, dan pemain lainnya. Berikut fakta-fakta NBA Draft 2022:

Baca jugaPetualangan Adam Sandler Mencari Pemain Basket Berbakat di Film Hustle


Orlando Magic akan menjadi pemilih pertama

Sebelum urutan NBA Draft ditentukan, seluruh tim wajib berpartisipasi dalam NBA Draft Lottery yang tahun ini dilaksanakan pada 17 Mei 2022 lalu. Berdasarkan hasil lotre tahun ini, Orlando Magic memenangkan kesempatan untuk menjadi pemilih pertama untuk keempat kalinya dalam sejarah NBA.

Baca jugaDerrick Michael Xzavierro, Pebasket Indonesia Pertama yang Gabung di NBA Global Academy

Pada NBA Draft tahun 2004, Orlando Magic memilih Dwight Howard sebagai pilihan pertama dari keseluruhan. Akan ada 14 tim pada putaran pertama, di mana Orlando Magic akan menjadi pemilih pertama, diikuti dengan Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Sacramento Kings, Detroit Pistons, hingga Cleveland Cavaliers di posisi ke-14.

Pemilihan draft untuk sisa putaran pertama (No. 15-30) dan seluruh putaran kedua (No. 31-60), ditentukan dengan urutan terbalik dari rekor musim reguler. Setiap tim NBA mendapatkan satu kesempatan seleksi di babak pertama dan satu kesempatan seleksi di babak kedua.


Terdapat 14 calon pemain internasional dan 135 calon pemain dari perguruan tinggi sebagai kandidat early entry

Pemain yang memenuhi syarat untuk mengikuti NBA draft harus berusia 19 tahun pada tanggal ajang draft diselenggarakan. Pemain National Collegiate Athletic Association (NCAA) dianggap memenuhi syarat setelah bermain setidaknya satu tahun di perguruan tinggi atau setiap sekolah.

Bagi pemain yang telah menandatangani dan telah bermain dengan liga luar selain NBA, seperti NBA G League, Overtime Elite (OTE) atau bermain di luar negeri, serta memenuhi persyaratan usia yang memenuhi durasi bermain yang ditentukan.

Sebanyak 22 pemain internasional dan 113 pemain NCAA yang sebelumnya telah menyatakan sebagai kandidat early entry telah mengundurkan diri dari draft. Secara keseluruhan, akan ada 14 pemain internasional dan 135 pemain dari level perguruan tinggi yang tetap bertahan.


Jabari Smith berpeluang besar menjadi pilihan No.1

Berdasarkan 10 dari 12 mock draft NBA yang ada, Jabari Smith terpilih menjadi pilihan pertama Orlando Magic pada NBA Draft 2022.

Dengan tinggi 208 cm pada usia 19 tahun, pemain yang berasal dari Auburn Tigers ini memiliki kemampuan shoot dan memiliki kemampuan pertahanan yang intens. Jabari Smith mencetak rata-rata 16,9 poin, 7,4 rebound, dan 2,0 assist yang membantunya mendapatkan penghargaan National Freshman of the Year, serta Consensus Second-Team All-American pada tahun 2022.

Putra dari Jabari Smith Sr., yang merupakan mantan pemain basket Universitas Negeri Louisiana yang terkenal, itu ikut berpartisipasi di Kejuaraan Amerika FIBA U16 2019 dalam meraih medali emas untuk Amerika Serikat.


Trio lulusan dari NBA Academy diharapkan terpilih untuk bermain di liga

Saat NBA Academy diluncurkan pada tahun 2016, salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi dari pemain basket terbaik di seluruh dunia. Josh Giddey menjadi lulusan NBA Academy pertama yang dipilih oleh Oklahoma City Thunder di urutan keenam pada ajang NBA Draft tahun 2021, dan terdapat tiga lulusan NBA Academy yang diharapkan terpilih pada draft tahun ini.
 
SEBELUMNYA

3 Film Legendaris yang Sukses Dibintangi Rima Melati 

BERIKUTNYA

Serial Money Heist Korea Hadirkan Perampokan Besar dengan Karakter yang Kompleks

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: