Permainan teka-teki Wordle (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Begini Loh Cari Main Wordle, Permainan Teka-Teki Kata yang Viral 

21 June 2022   |   13:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pengguna media sosial khususnya Twitter mungkin pernah sesekali atau seringkali melihat postingan mengenai permainan Wordle. Belakangan gim teka teki sederhana itu menjadi sangat populer dimainkan oleh banyak pengguna. Seperti apa sih gimnya?

Bagi kalian yang mungkin belum familiar dengan gim ini, mari kita bahas mulai dari apa itu Wordle hingga bagaimana cara memainkannya. 

Baca Juga : 7 Game Mirip Wordle yang Menaik untuk Dimainkan 
 

Apa itu Wordle? 

Seperti disebutkan di awal, Wordle merupakan permainan teka-teki kata daring yang dimiliki oleh perusahaan media The New York Times. Ini adalah gim berbasis web dengan tampilan dan pola permainan sederhana, tapi tidak mudah untuk diselesaikan. 

Tujuan utama dari gim ini adalah untuk menebak kata yang terdiri dari lima huruf, hanya dalam enam upaya. Setiap kali pemain menebak, mereka akan diberitahu huruf mana yang dipilih dalam kata target, dan apakah huruf itu berada pada tempat yang benar. 

Apa yang membuat gim ini unik adalah pengguna hanya dapat memainkan satu teka-teki setiap harinya, di mana akan ada yang baru saat hari berganti. Semua orang juga memainkan teka-teki yang sama sehingga perbincangan soal Wordle terus bergulir di media sosial. 
 

Di mana bisa bermain Wordle? 

Per dicatat bahwa Worlde merupakan permainan video gim berbasis situs web, yang bisa dimainkan oleh pengguna dari perangkat apa pun dengan mengunjungi situs New York Times Games. Buka di mesin pencari, lalu tinggal mainkan. 

Sebagai catatan, saa ini ada banyak aplikasi yang menawarkan permainan dengan nama dan pola permainan atau gameplay yang mirip dengan Wordle. Akan tetapi, itu tidak resmi berasal dari New York Times. Banyak pengembang yang akhirnya membuat aplikasi mirip karena kepopulerannya. 

Untuk informasi tambahan, gim ini dirancang oleh Josh Wordle yang awalnya memiliki situs tersendiri, hingga akhirnya dibeli oleh New York Times pada Februari tahun ini. Salah satu kelebihan gim di situs web aslinya adalah tidak ada iklan yang menghalangi sehingga pengguna bisa fokus memainkannya.
 

Bagaimana cara bermain Wordle? 

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara bermain gim teka-teki kata ini. Sebenarnya, perihal ini sudah dibahas secara singkat pada bagian awal. Tujuannya adalah menebak kata lima huruf berbeda dalam enam kali kesempatan. 

Pada awalnya, pengguna bisa menebak kata apa pun sebagai dasar awal. Setelahnya kata itu akan muncul dalam kotak dengan beberapa indikator warna. Huruf yang salah akan berwarna abu-abu, huruf yang benar tapi posisi yang salah akan berwarna kuning, dan huruf yang benar di posisi yang tepat berwarna hijau. 

Dengan acuan tersebut, pemain harus bisa menebak kata yang dimaksud dalam enam kali percobaan. Ini yang menjadi tantangan utamanya, bahwa ada banyak perbendaharaan kata yang ada di dunia dan kalian perlu menebaknya dalam jumlah terbatas. 

Salah satu hal menarik dari permainan Wordle adalah pengguna bisa membagikan progres mereka ke media sosial Twitter, tetapi tidak mengungkap semua jawabannya. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga keseruan permainan. 

Baca juga: Wajib Main, Permainan Video Game dari Asia Tenggara yang Ditunggu-tunggu

Selain itu, karena setiap orang mengerjakan teka-teki yang sama setiap harinya, mereka juga bisa saling berkomunikasi, berdiskusi, hingga berbagi ‘kunci jawaban’ untuk teka-teki Worlde hari itu. Oleh sebab itu, tak ayal bisa perbincangan seputar gim ini terus terjadi karena ada teka-teki yang baru di hari yang baru. 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Jaehyun NCT Ditunjuk Jadi Duta Global Terbaru untuk Prada

BERIKUTNYA

Seperti Apa Sarapan yang Ideal? Ini Jawaban dari Ahlinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: