Ada lebih dari 130.000 ekstensi yang bisa digunakan sebagai penunjang Google Chrome. (Sumber gambar: Firmbee/Unsplash)

10 Ekstensi Google Chrome yang Wajib Kalian Punya

20 June 2022   |   21:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Google Chrome adalah peramban web paling populer dan mumpuni di dunia. Jutaan pengguna di seluruh dunia menggunakan browser ini setiap hari dan fungsionalitasnya dapat ditingkatkan dengan memasang ekstensi, memberi pengguna cara yang hampir tak terbatas untuk meningkatkan pengalaman Chrome mereka.

Peramban web yang dikembangkan oleh Google ini dikemas dengan begitu banyak ekstensi sehingga sulit untuk mengetahui mana yang benar-benar akan membuat perbedaan pada pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari ad blocker, perekam layar hingga penyimpan passsword, tiap fungsi yang kalian butuhkan tersedia di sini.

(Baca juga: Google Chrome Siapkan Fitur Untuk Memperlancar Main Game Berbasis Web)

Nah, berikut ini adalah daftar ekstensi Google Chrome yang dibuat hypeabis.id yang wajib kalian punya. Semua ekstensi ini gratis dan berfungsi di Windows, Mac, dan Linux.


1. LastPass

LastPass adalah ekstensi Chrome yang dengan aman menyimpan dan melacak informasi seperti nama pengguna dan kata sandi untuk membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk masuk ke akun kalian.

Ekstensi ini memindai kata sandi yang digunakan sekarang dan menawarkan analisis untuk kekuatan dan kelemahan, serta menawarkan untuk menghasilkan kata sandi yang kuat untuk akun baru dan saat ini. LastPass juga menawarkan otentikasi dua faktor untuk perlindungan lebih lanjut terhadap akses yang tidak sah.


2. OneTab

OneTab memungkinkan kita menyusun daftar tab dalam satu jendela browser web, yang sangat berguna untuk penulis dan pelajar yang perlu melacak lusinan tab untuk penelitian. Dengan membuat daftar situs dengan tab, OneTab mengklaim dapat menghemat hingga 95 persen memori Chrome, memungkinkan pengguna menjelajah web lebih cepat.

Kalian bahkan dapat membagikan daftar tab personal dengan orang lain melalui tombol khusus, jadi jika kalian sedang mengerjakan proyek kolaboratif, semua orang dapat melihat penelitian yang sedang dikerjakan dan memberikan masukan.


3. Adblock Plus

Diunduh lebih dari 500 juta kali, tidak diragukan lagi ini adalah salah satu ekstensi paling tepercaya untuk mengeliminasi kolom iklan yang mengganggu. Adblock Plus dikemas dengan fitur:
  • Blokir iklan dan spanduk video yang mengganggu
  • Blokir pop-up
  • Memberi lebih banyak privasi kepada pengguna dengan menahan fitur lacak (tracking)
  • Lawan malvertising destruktif yang dapat bersembunyi di iklan
  • Memungkinkan pengalaman browsing lebih cepat
  • Whitelist halaman web pilihan 


4. Evernote Web Clipper

Sebagian besar dari kita membiarkan puluhan tab terbuka karena ada beberapa potongan informasi di dalamnya yang dibutuhkan. Evernote Web Clipper memungkinkan pengguna untuk mengambil informasi itu, menyimpannya di tempat yang jauh lebih masuk akal daripada membiarkan tab terbuka—yang menurunkan performa browser—dan memungkinkan kita mengaksesnya dengan mudah saat dibutuhkan.


5. The Great Suspender

Chrome terkenal dengan sisi negatifnya yakni penggunaan memori komputer yang begitu besar. Apalagi jika pengguna cenderung meninggalkan banyak tab yang terbuka yang dapat membuat PC, dengan keterbatasan memori, bekerja lebih lambat. Ekstensi ini memberi solusi dengan menangguhkan (suspending) tab yang sedang tidak digunakan sehingga tidak ada pergerakan data masuk atau keluar.

Ekstensi ini juga pintar—Genhype dapat memasukkan domain dan URL tertentu ke whitelist untuk tab khusus yang kalian butuhkan agar tetap bekerja seperti email dan mencegah tab yang sedang memutar media atau menampilkan formulir ditangguhkan sehingga kalian tidak kehilangan informasi yang sudah diinput.
1
2


SEBELUMNYA

Kuy ke Karimunjawa! Ini 10 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Wajib Dicoba

BERIKUTNYA

Deteksi Dini Bisa Bantu Cegah Penyakit Neuropati Perifer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: