Mesin pencari Safari (dok. Unsplash/Brett Jordan)

Begini Loh Perbedaan Browser Chrome dan Safari, Mana yang Lebih Baik?

09 February 2022   |   12:11 WIB

Mesin pencari atau browser merupakan aplikasi yang pasti dipakai oleh seluruh pengguna smartphone. Bagi kalian pengguna Android pilihan paling umum adalah Google Chrome sementara pengguna Apple umumnya memakai Safari. 

Seperti disebutkan, Chrome dan Safari merupakan aplikasi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mencari berbagai informasi di internet. Sebenarnya, ada banyak pilihan browser lain untuk pengguna smartphone seperti Mozilla Firefox, Opera, Kiwi, dan lain sebagainya, tapi dua aplikasi itu merupakan yang paling populer.  

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa perbedaan aplikasi mesin pencari  Chrome dan Safari, yang bisa memperlihatkan keunggulan dan kekurangan masing-masing aplikasi : 
  • Google Chrome hadir dengan tema, tombol, dan bilah menu yang berbeda; sementara Safari Apple hanya memiliki tema gelap atau terang. 
  • Safari mendukung tampilan pembaca (Reader View), sementara Chrome tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. 
  • Chrome dapat menyinkronkan data ke perangkat apa pun yang digunakan, sementara Safari hanya dapat menyinkronkan data dengan perangkat iOS dan OS X. 
  • Chrome memiliki lebih banyak dukungan untuk fitur add-on karena punya banyak ekstensi dibandingkan dengan Safari 
(Baca juga: Adobe Rilis Extension untuk Chrome, Pengguna Bisa Edit PDF di Browser)

Itu adalah beberapa perbedaan antara mesin pencari Chrome dari Google yang umumnya dipakai di perangkat Android dengan Safari dari Apple yang tersedia secara default di perangkat perusahaan. 

Dilansir dari Gadgets Now, berikut ini adalah beberapa tanya-jawab lanjutan yang seringkali diajukan pengguna mengenai kedua browser tersebut : 


1. Mana yang lebih baik Google atau Safari?


Pengalaman tiap orang bisa sangat berbeda tergantung dengan kebutuhan mereka. Cobalah untuk melihat tampilan antarmuka dan fitur yang disediakan kedua browser lalu tentukan yang terbaik untuk kalian. 


2. Apakah perlu Google jika sudah punya Safari? 


Pengguna tetap bisa memakai Google jika mereka telah memiliki Safari. Pemanfaatan browser akan kembali ke preferensi tiap orang sesuai dengan kebutuhan tertentu misalnya perlu yang lebih simpel atau perlu fitur add-on. 


3. Apakah iPhone memakai Safari atau Google? 


Safari menggunakan Google sebagai mesin pencari default. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai mesin pencari lain yang disediakan seperti Bing, Yahoo, dan banyak lagi. 


4. Browser mana yang paling mirip Safari? 


Ada beberapa alternatif mesin pencari yang bisa dipakai selain Safari tapi punya fitur mirip seperti Mozilla Firefox yang bisa diakses secara gratis dan bersifat open source. 


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

TikTok Uji Coba Pembatasan Konten Berdasarkan Usia 

BERIKUTNYA

Jordan Peele Kembali dengan Film Horor Berjudul Nope

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: