Perlu kecermatan dalam membeli mobil bekas yang berkualitas (Sumber gambar: Duitpintar.com)

Biar Enggak Menyesal, Ini 9 Kiat Membeli Mobil Bekas Berkualitas

15 June 2022   |   22:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan ketika memiliki dana terbatas. Selain bisa langsung digunakan, harga jual mobil bekas juga cenderung lebih murah dengan biaya pajak yang tidak terlalu mahal. Meski begitu, diperlukan kiat yang tepat untuk membeli mobil bekas yang berkualitas.

Jika kalian salah pilih, bukan tidak mungkin mobil yang dibeli justru akan banyak menimbulkan masalah di kemudian hari. Selain itu, anggapan bahwa membeli mobil bekas itu mudah rusak dan bakal menghabiskan biaya untuk pemeliharaan juga tidak sepenuhnya benar.

Dengan beberapa kiat berdasarkan rilis dari Duitpintar.com berikut ini, kalian bisa membeli mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan yang kalian inginkan.

Baca juga: Pasangan Muda Wajib Tahu, Ini 6 Alasan Membeli Rumah Lebih Untung dari Mobil
 

1. Beli mobil sesuai bujet

Sebelum membeli mobil bekas, langkah paling pertama yang perlu dilakukan adalah memilihnya sesuai budget yang dimiliki. Perhatikan kemampuan finansial kalian saat ini. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil yang di luar kemampuan. Sebab, meskipun mampu membeli mobil, biaya perawatan mobil juga menjadi hal lain yang perlu disiapkan.
 

2. Jangan mudah tergiur harga miring

Saat membeli bekas, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penjual. Sebaiknya, lakukan inspeksi secara mendalam bersama dengan montir bengkel atau orang yang ahli dalam menilai kelayakan dan kondisi mobil. Pasalnya, apabila harga mobil yang ditawarkan terlalu murah dari pasaran, maka bisa jadi mobil tersebut bekas kecelakaan berat, bekas kebanjiran, atau bahkan ada juga pemberian harga miring ini sebagai upaya untuk memancing konsumen agar datang ke showroom dan menawarkan mobil yang lainnya.
 

3. Periksa riwayat servis

Dengan melakukan cek riwayat servis mobil, kalian dapat mengetahui dengan jelas apakah mobil tersebut dirawat secara berkala atau tidak. Dalam dunia otomotif, hal ini dinamakan service record. Jika mobil memiliki jadwal rutin untuk servis, maka dapat dipastikan mobil tersebut memiliki kondisi yang baik dan layak jalan.

Di sisi lain, pastikan juga apakah mobil bekas yang akan dibeli melakukan servis rutin di bengkel resmi atau bukan.

Sebaiknya, pilihlah mobil yang memiliki riwayat servis yang menggunakan jasa bengkel resmi, karena selain terjaminnya kondisi mobil yang akan dibeli, hal itu juga bisa memastikan keaslian odometer mobil dengan mengetahui berapa jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut.
 

Penting untuk mengecek kelengkapan dokumen sebelum membeli mobil bekas

Penting untuk mengecek kelengkapan dokumen sebelum membeli mobil bekas (Sumber gambar: Duitpintar.com)
 

4. Pastikan dokumen lengkap

Hal lain yang tak kalah penting dalam membeli mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan. Pastikan mobil yang hendak dibeli memiliki kelengkapan surat-surat yang baik dan benar. Cek nomor rangka motor, nomor mesin, serta cocokkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Pastikan pula nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB.
 

5. Memiliki asuransi

Kalau mobil bekas yang kalian beli sudah memiliki asuransi, maka kalian tetap perlu melakukan balik nama agar lebih mudah ketika mengajukan klaim di kemudian hari. Sebaiknya, kalian  memilih asuransi mobil bekas dengan pertanggungan Total Loss Only (TLO) karena premi yang terjangkau dan manfaatnya yang mencakup banyak pertanggungan.
1
2


SEBELUMNYA

Wow, Ini Manfaat Jalan Nordik Bagi Pasien Jantung

BERIKUTNYA

Joji, YouTuber Komedi yang Sukses Jadi Musisi Barisan Patah Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: