Perlu kecermatan dalam membeli mobil bekas yang berkualitas (Sumber gambar: Duitpintar.com)

Biar Enggak Menyesal, Ini 9 Kiat Membeli Mobil Bekas Berkualitas

15 June 2022   |   22:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Cek bodi kendaraan

Hal terpenting lainnya dalam membeli mobil bekas adalah memeriksa keutuhan bodi mobil. Pemeriksaan ini meliputi beberapa bagian utama mobil seperti panel pintu, kap mesin, kaca mobil, dan cat mobil.

Jika mobil memiliki bodi asli, struktur rangka utama dan cat mobil tidak ada perubahan yang berarti, sedangkan jika pernah mengalami perombakan maka akan ada perubahan warna cat dan beberapa bagian yang tidak sama. Pastikan juga chasis mobil bekas tersebut dalam keadaan baik dan tidak berkarat.
 

7. Cek kondisi mesin

Setelah melakukan pemeriksaan pada bodi dan interior, hal yang jangan terlewat adalah melakukan inspeksi pada kondisi mesin mobil bekas. Buka kap mesin mobil dan nyalakan mobil yang akan dibeli. Perhatikan semua komponen mobil dan suara mesin dengan teliti.

Jika ada komponen yang bergetar tidak semestinya, maka akan menimbulkan suara lain saat mobil dinyalakan. Periksalah mobil secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, lakukanlah test drive jika showroom atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.

Saat test drive, perhatikan dengan baik kondisi mobil mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil. Dengan begitu, kalian bisa menilai mobil bekas tersebut masih
nyaman atau tidak.
 

8. Minta mekanik atau montir menemani saat melihat kondisi mobil

Membeli mobil bekas untuk pertama kali mungkin menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika kalian belum mengerti banyak tentang mesin mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengajak teman atau kenalan montir yang memang mengerti tentang seluk beluk kendaraan roda empat. Hal ini tentu akan membantu kalian untuk bisa memastikan berbagai kelebihan dan kekurangan dari mobil bekas yang akan dibeli.
 

9. Cek interior dan aksesori mobil

Melakukan inspeksi atau pemeriksaan kepada mobil bekas yang akan dibeli adalah hal yang wajib dilakukan. Cara mengecek mobil bekas paling mudah adalah melakukan pemeriksaan terhadap interior mobil mulai dari dashboard, kulit jok, karpet alas kaki, audio, hingga lampu kabin.

Pastikan semua hal tersebut berfungsi dengan baik termasuk AC yang memiliki udara dingin, serta fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, rem tangan, hingga lampu hazard.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Wow, Ini Manfaat Jalan Nordik Bagi Pasien Jantung

BERIKUTNYA

Joji, YouTuber Komedi yang Sukses Jadi Musisi Barisan Patah Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: