Ilustrasi (Dok. Polina Kovaleva/Pexels)

6 Tips Sederhana yang Bisa Bantu Tidur jadi Lebih Nyenyak

20 September 2021   |   14:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidur yang tidak nyenyak merupakan masalah yang cukup umum. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang menjadi tidak nyenyak tidur, seperti stres karena pekerjaan, beban tanggung jawab keluarga, hingga penyakit tertentu.

Jika merasa kesulitan untuk mengatasi faktor-faktor yang mengganggu kualitas tidur, Genhype bisa melakukan beberapa tips yang dikutip dari Mayo Clinic, Senin (20/9), berikut ini.

1. Tetapkan jadwal tidur yang benar
Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat setidaknya tujuh jam. Kamu perlu menerapkan durasi tidur tersebut pada waktu yang sama setiap harinya. Hal itu akan membuat kamu konsisten untuk memperkuat siklus tidur-bangun tubuh kamu.

Jika kamu merasa kesulitan untuk tidur sekitar 20 menit, tinggalkan kamar tidur dan lakukan sesuatu yang santai seperti baca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan. Setelah itu, kembalilah ke tempat tidur saat kamu merasa lelah.

2. Perhatikan apa yang kamu makan & minum
Jangan tidur dalam keadaan lapar, karena ketidaknyamanan itu bisa membuat kamu tetap terjaga. Namun perlu juga untuk menghindari mengonsumsi makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengurangi nikotin, kafein, dan alkohol. Sebab, efek stimulasi nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk tereduksi sehingga bisa membuat anuan pada kualitas tidur.
 

Melakukan meditasi sebelum tidur bisa membantu kualitas tidur menjadi lebi baik (Dok. Andrea Piacquadio

Melakukan meditasi sebelum tidur bisa membantu kualitas tidur menjadi lebih baik (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

3.  Ciptakan lingkungan yang tenang
Buat ruangan yang ideal untuk tidur seperti rapi, hangat dan tenang. Hindari penggunaan cahaya dari lampu tidur yang berkepanjangan sebelum tidur.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa elemen pendukung untuk menciptakan kenyamanan dan ketenangan dalam kamar tidur sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, melakuan kegiatan menyenangkan sebelum tidur seperti mandi atau berelaksasi juga bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

4. Batasi tidur siang hari
Tidur siang hari yang panjang juga dapat mengganggu tidur di malam hari. Jika kamu memilih untuk tidur siang hari, batasi tak lebih dari 30 menit dan hindari melakukannya di penghujung hari.

Namun, jika kamu bekerja di malam hari, kamu bisa tidur di siang atau sore hari untuk membantu menutupi  hutang kebutuhan tidur kamu.

5. Hindari olahraga berat sebelum tidur
Olahraga bisa menghasilkan efek lelah yang membuat kamu mudah terlelap. Namun, aktivitas fisik juga bisa menghasilkan efek segar yang justru membuat tubuh semakin terjaga dan sulit untuk tidur.

Bagi kamu yang sulit tidur setelah berolahraga, kamu bisa menggantinya dengan kegiatan relaksasi yang menenangkan seperti yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik.

6. Kelola kecemasan
Cobalah untuk mengatasi kekhawatiran atau kecemasan kamu sebelum tidur. Jika perlu, kamu bisa menuliskan apa yang ada di pikiran kamu, kemudian sisihkan untuk diselesaikan esok hari. Manajemen stres semacam itu bisa membantu untuk menjaga kualitas tidur kamu.

Mulailah dengan tips-tips sederhana seperti mengatur pengerjaan tugas dan menetapkan prioritas. Selain itu, kegiatan meditasi juga bisa meredakan kecemasan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kenali 5 Jenis Love Language, Kamu yang Mana?

BERIKUTNYA

Jangan Anggap Sepele Sakit Pinggang, Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: