Ilustrasi kamar tidur (Dok. Spacejoy/Unsplash)

3 Pilihan Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Kamar TIdur

17 February 2022   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Meski terlihat mudah, memilih cat dinding untuk suatu ruangan di rumah boleh dibilang cukup sulit. Tak hanya menentukan warna, kamu juga harus mempertimbangkan semua perabotan yang ada agar ruangan tersebut terlihat harmonis dengan cat yang dipilih, tak terkecuali pada kamar tidur.

Sebagai ruangan pribadi, kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat, relaksasi dan hal-hal intim lainnya. Baik itu kamar tidur utama, kamar tamu, atau kamar anak, warna dinding memiliki peran untuk menciptakan suasana yang ingin dihadirkan di kamar tidur.

Bagi kebanyakan orang, warna yang menenangkan adalah yang terbaik untuk kamar tidur. Namun, tak sedikit juga yang mungkin lebih suka dengan warna yang lebih cerah untuk suasana yang lebih ceria atau romantis.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (16/2/2022), berikut adalah beberapa kelompok warna populer yang bisa digunakan untuk memilih cat dinding untuk kamar tidur.
 

1. Warna Netral

Warna netral selalu menjadi pilihan yang aman dan klasik untuk sebuah kamar tidur. Warna-warna netral yang populer di antaranya gading, kelabu tua, hitam, abu-abu dan putih.

Salah satu kelebihan menggunakan warna-warna netral adalah menciptakan latar belakang yang bersih untuk kamar tidur, karena cocok dengan warna-warna cerah lainnya pada tempat tidur, gorden, karpet, dan figura.

Dinding kamar tidur netral juga memungkinkan untuk melepaskan diri dengan menggunakan aksen warna dan pola yang hidup untuk mengubah ruang. Jika kamu lebih suka menjaga kamar tidur tetap netral, coba gunakan tempat tidur berlapis dan aksesori bertekstur untuk membuat gaya yang lebih lembut.

Memilih warna netral juga terkadang perlu untuk mempelajari warna dasar cat. Misalnya, cat putih jarang hanya putih murni. Cat sering dicampur dengan warna lain untuk menciptakan nada halus seperti merah muda, biru, kuning atau coklat.

Usahakan warna cat sesuai dengan perabotan, karpet, dan tempat tidur. Untuk menghindari kesalahan, tanyalah kepada penjual cat di toko untuk menentukan warna netral terbaik untuk kamar tidur.
 

f

Ilustrasi kamar tidur (Dok. Point3D Commercial Imaging Ltd./Unsplash)


2. Warna pastel

Warna-warna pastel cenderung lembut, santai, dan menciptakan lingkungan yang tenang. Beberapa warna pastel terbaik untuk kamar tidur di antaranya biru lembut, lavender, hijau, kuning dan merah muda.

Kamar tidur dengan warna dinding pastel juga bisa terlihat elegan. Agar terlihat lebih harmonis, kamu juga bisa memilih warna pastel dengan mencampur dan mencocokkan beberapa warna pudar yang ada pada beberapa elemen seperti selimut, tempat tidur dan aksesori lainnya.

(Baca juga: 4 Tips Mempercantik Taman dengan Bujet Murah)
 

3. Warna ekspresif

Jika warna-warna berani dan cerah membuat kamu bahagia, memilih warna cat yang lebih ekspresif bisa menjadi pilihan. Jika kamu adalah orang yang energik yang suka dikelilingi oleh warna-warna ekspresif, segera ubah tampilan kamar tidur.

Misalnya, jika kamu menyukai interior yang cerah dan segar, cobalah dinding dengan nuansa hijau musim semi yang dalam. Kamu juga bisa bereksperimen dengan kombinasi warna yang lebih hidup seperti koral dan hijau tua atau merah dan kelabu tua.

Ada beberapa tips yang perlu diingat ketika memilih warna cat gelap untuk kamar tidur, seperti hitam atau biru laut, terutama jika ruangannya kecil. Hindari terlalu terpaku dengan pembagian penempatan warna, sebab kamu tidak perlu mengecat setiap dinding dengan warna yang sama.

Ciptakan aksen dengan warna. Pilih dinding untuk dicat dan biarkan dinding lainnya berwarna lebih terang dengan mengatur panjang tiap warnanya. Jika kamu memiliki kamar tidur sempit, cat salah satu dinding yang lebih panjang untuk menonjolkan panjang ruangan.

Sebagai catatan, warna terang membuat ruang terlihat lebih besar dan warna gelap membuat kamar tidur tampak lebih kecil. Begitupun jika ada banyak cahaya alami yang masuk ke kamar tidur, ruangan juga bisa terlihat lebih besar.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Realme 9 Pro Plus Andalkan Kemampuan Kamera, Cek Harganya!

BERIKUTNYA

Simak Nasihat Mencari Teman Hidup dari Psikolog

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: