(Pexels/Ivan oboleninov)

Coba Deh 4 Tips Ini Supaya Tidur Kamu Lebih Berkualitas

30 August 2021   |   06:46 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Mendapatkan tidur yang berkualitas merupakan hal penting, yang secara langsung dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Sebaliknya, kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif bagi tubuh, yang bisa mengganggu keseimbangan emosional dan mengurangi energi saat beraktivitas.

Selain itu, tidur yang tidak berkualitas juga dapat menyebabkan gangguan hormon, gangguan fungsi otak, hingga meningkatkan risiko penyakit lainnya, lho.

Buat GenHype yang ingin mengoptimalkan kesehatan emosi dan fisik, tidur adalah kuncinya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan guna mendapatkan tidur yang berkualitas:

1. Tetapkan waktu tidur yang teratur
 

Unsplash/Mpho Mojopelo

Unsplash/Mpho Mojopelo

Kalian harus tahu nih, jam tidur yang berantakan bisa menggangu jam biologis kalian. Jadi coba deh tetapkan jam tidur yang teratur dan upayakan bisa terus dilakukan.

Perlu ditekankan juga, telat tidur bukan berarti kalian akan bisa bangun lebih siang. Bisa jadi tidak demikian, yang ada kalian tetap bangun pagi tapi dengan kondisi yang tidak nyaman.

2. Tenangkan pikiran dan mental
 

(Unsplash/Max Van Den Ootelar)

(Unsplash/Max Van Den Ootelar)

Upayakan diri untuk rileks. Pikiran yang tenang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kalian menjadi lebih baik.

Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkanlah diri kalian untuk tidur dan mimpi indah.

3. Sempatkan untuk berolahraga setiap hari
 

(Unsplash/Jenny Hill)

(Unsplash/Jenny Hill)

Tubuh yang selalu aktif secara fisik, selain baik untuk kesehatan, juga sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak pada malam hari.

Akan tetapi, hindari berolahraga mendekati jam tidur karena akan menyulitkan tubuh untuk terlelap. Pasalnya, tubuh masih dalam keadaan yang belum rileks.

4. Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkohol
 

(Unsplash/M Azharul)

(Unsplash/M Azharul)

Sebelum tidur, kalian perlu menghindari konsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Soalnya, minuman tersebut sudah terbukti dapat menyebabkan pola tidur terganggu.

Selain itu, hindari juga rokok dan minuman beralkohol karena kedua zat madat itu bisa menstimulasi syaraf manusia yang membuat tubuh menjadi sulit tertidur. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ingin Redakan Sunburn? Ini 4 Tip Menurut Para Ahli Dermatologis

BERIKUTNYA

Hore! Kini Pengguna Android Juga Bisa Main Clubhouse

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: