Cuplikan film Top Gun: Maverick. (Sumber gambar: Paramount Pictures)

Top Gun: Maverick Diperkirakan Raih Rp4,3 Triliun setelah Merajai Box Office Global

01 June 2022   |   13:05 WIB

Kesuksesan film Top Gun: Maverick yang menghadirkan Tom Cruise dan Val Kilmer tidak bertahan setelah tayang selama hampir sepekan. Setelah penayangan internasionalnya telah meraup US$32,5 juta, kini diperkirakan film tersebut telah mendapatkan pendapatan global lebih dari US$300 juta (atau sekitar Rp4,3 triliun).

Pendapatan ini diakumulasi dari semua bioskop berteknologi IMAX di seluruh dunia, sebagaimana dipantau oleh Box Office Mojo milik IMDb. Hingga Senin (30/5/2022), pendapatan ini dihitung dari pendapatan domestik sebesar US$160,5 juta dan internasional sebesar US$ 139,5 juta.

Menariknya, pendapatan domestik di Amerika Serikat diakumulasi dari penayangannya yang dilakuan sejak 27-30 Mei 2022. Berdasarkan laporan Variety, angka tersebut melampaui film Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) yang mendapatkan pemasukan sebesar US$153 juta pada tanggal yang sama.

Baca juga: Top Gun: Maverick Bakal Puncaki Box Office AS

Di Indonesia, IMDb mengumpulkan data pada periode 25-29 Mei 2022 yang menujukkan penayangan film aksi tersebut telah mencapai angka US$2,2 juta (atau sekitar Rp31,99 miliar) dari 393 teater IMAX. Angka ini diperkirakan akan meningkat hingga sepekan ke depan.

Secara rinci, Collider melaporkan bahwa setidaknya Top Gun: Maverick telah mendapatkan pendapatan sebesar US$28,2 juta dalam skala global dan US$17,8 juta untuk penayangan di bioskop IMAX. Dengan ini, Top Gun: Maverick menjadi film dari Tom Cruise yang meraup keuntungan terbesar dalam penayangannya.

Baca juga: Kembali Hadirkan Tom Cruise, Simak 7 Fakta Menarik tentang Film Top Gun: Maverick

Sebelumnya, Top Gun: Maverick telah diperkirakan akan mendominasi Box Office Amerika Serikat setelah diprediksi mendapatkan pendapatan sebesar US$130 juta pada sepekan pertama. Rumah produksi Paramount dan Skydance juga memprediksi film ini akan mendapatkan US$151 hingga pekan lalu.

Top Gun: Maverick merupakan film drama berlatar militer Angkatan Laut Amerika Serikat dengan latar waktu lebih dari 30 tahun setelah film Top Gun (1986). Film ini kemudian menyorot Pete Mitchell atau Maverick (Tom Cruise) yang menjadi pelatih tim Top Gun generasi baru untuk sebuah misi berbahaya.

Digarap oleh sutradara Joseph Kosinki, film dengan pendanaan sebesar US$170 juta itu menjadi film yang berkesan bagi karier Cruise sebagai aktor selama 40 tahun. Beberapa di antaranya adalah pencapaian US$100 juta dalam satu pekan.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Makin Ramai, Ini 11 Film Indonesia yang Tayang Juni 2022

BERIKUTNYA

Mengenal Finger Painting, Asah Kegiatan Motorik Seru untuk Si kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: