Penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan (Sumber gambar: Jonathan Borba/Pexels)

6 Cara Sehat & Nyaman selama Kehamilan hingga Persalinan

17 May 2022   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan. Pasalnya, 80 persen perkembangan otak bayi terjadi pada 1.000 hari pertama sejak dalam kandungan. Jika ibunya sehat, tentu janin juga akan bertumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Principal Obstetrics and Gynaecology Tentang Anak, dr. Darrell Fernando, mengatakan penting bagi setiap calon orang tua yang sedang mempersiapkan persalinan untuk terus update terkait perkembangan informasi dan pengetahuan di setiap usia kehamilannya, agar bisa relevan dengan kondisi yang sedang dialami.

Selain itu, lanjutnya, tidak kalah penting juga untuk menjaga kesehatan mental orang tua, khususnya ibu selama proses kehamilan hingga setelah melahirkan nanti. “Jika mengalami gejala gangguan jiwa seperti sering menangis, merasa hampa, tidak dapat beraktivitas, mendengar suara, cemas berlebih, segera konsultasikan diri ke dokter dan ahlinya,” kata dr. Darrell dalam webinar Tentang Anak, baru-baru ini.

Baca juga: Ini 4 Kiat Program Hamil Aman di Masa Pandemi

Untuk para ibu hamil, dr. Darrel juga membagikan beberapa kiat yang harus diperhatikan guna menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan seperti berikut ini.
 

1. Kontrol kehamilan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan kontrol kehamilan sesuai dengan jadwal, termasuk untuk pemeriksaan USG minimal 4x selama kehamilan. Ketika trimester 1 (usia 10-13 minggu), trimester 2 (usia 20-24 minggu), serta trimester 3 (usia 28-31 minggu dan 36 minggu).
 

2. Jaga asupan nutrisi dan pola makan

Perhatikan nutrisi dan pola makan dengan gizi seimbang. Menurut dr. Darrel, tidak ada makanan ‘superior’ atau paling bagus dibandingkan makanan yang lainnya. Ibu hamil dapat mengonsumsi variasi jenis makanan untuk memenuhi kecukupan gizi.
 

g

Ibu hamil harus melakukan kontrol kehamilan sesuai dengan jadwal (Sumber gambar: Mart Prodcution/Pexels)
 

3. Konsumsi vitamin

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin sesuai anjuran dokter. Kebutuhan vitamin ibu hamil termasuk zat besi, asam folat, dan vitamin D. Namun sebelum mengonsumsi beberapa vitamin tersebut, ibu hamil wajib untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
 

4. Berolahraga

Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama proses kehamilan, usahakan untuk beraktivitas fisik sebanyak 150 menit dalam seminggu, atau 20-30 menit setiap harinya. Namun, hindari aktivitas berat seperti lompat-lompat.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Ibu Hamil Tidak Kurang Gizi
 

5. Kenali tanda bahaya

Penting juga untuk mengenali tanda bahaya tiap trimester seperti muntah hebat, pendarahan, kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, tidak merasakan gerakan janin hingga kejang.
 

6. Persiapan ASI

Lakukan persiapan ASI sejak kehamilan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsultasikan kondisi medisnya ke dokter, bidan, konselor laktasi sejak hamil. Selain itu, orang tua dan lingkungan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman, dukungan yang penuh, dan menghindari stres agar proses mengASIhi dapat berjalan dengan lancar. Kecukupan gizi ibu dan inisiasi menyusui dini (IMD) juga memiliki peranan penting dalam perjalanan mengASIhi.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Arti Cinta bagi Cinta Laura dalam Single Suka Kamu

BERIKUTNYA

Snapchat Luncurkan 3 Fitur Ramah Disabilitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: