dok. unsplash

Ingin Segera Punya Anak setelah Menikah? Simak Tips Ini!

04 January 2022   |   12:43 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menikah, pasangan dihadapkan pada sebuah pertanyaan apakah ingin langsung memiliki anak atau menunda karena masih ingin berdua dulu. Tentunya, setiap pasangan memiliki pertimbangan masing-masing saat akan menentukan pilihan tersebut.

Nah, berdasarkan survei yang dihimpun oleh Teman Bumil dan Populix terhadap 1.014 ibu di Indonesia, 89 persen perempuan mengaku langsung memutuskan ingin punya anak setelah menikah. Sementara sisanya, yakni 11%, memilih untuk menunda punya anak.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Yassin Yanuar, mengatakan jika memilih untuk langsung memiliki anak setelah menikah, hal tersebut harus direncanakan secara matang. Bahkan, keputusan untuk punya anak berapa dan jarak usia antar anak idealnya sudah didiskusikan sejak awal.

Umumnya, pasangan yang baru menikah memiliki peluang untuk hamil secara alami sebesar 85% di tahun pertama. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk memperbesar peluang kehamilan di tahun pertama.


1. Lakukan hubungan seksual secara teratur


Bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan, maka dapat melakukan hubungan hubungan seksual dilakukan secara teratur yaitu 2 hingga 4 kali per minggu. Selain itu juga jangan menggunakan alat kontrasepsi.


2. Terapkan gaya hidup sehat


Suami maupun istri juga harus dalam kondisi sehat untuk memperbesar peluang kehamilan secara alami. Itulah mengapa penting untuk menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi perilaku yang dapat mengurangi atau mengganggu kesehatan reproduksi.

Bersepeda terlalu lama atau lebih dari 5 jam per minggu serta sering berendam air panas atau sauna merupakan beberapa hal yang bisa berisiko memperkecil keberhasilan program hamil.

(Baca juga: Ini 4 Kiat Program Hamil Aman di Masa Pandemi)
 

3. Hindari risiko produksi spermatogenesis


Ada pula pekerjaan tertentu yang ternyata bisa berisiko terhadap produksi spermatogenesis (proses pembentukan sel sperma di dalam testis pria).

Misalnya, bekerja di tempat yang panas, menggunakan properti pakaian kerja yang ketat dan panas, selama bekerja menduduki mesin besar, atau berprofesi sebagai koki yang bekerja di dekat peralatan masak yang panas setiap harinya.


4. Perhatikan aspek kesehatan reproduksi


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, usia wanita menjadi faktor utama untuk menentukan besarnya peluang kehamilan.

Selain itu, siklus haid yang tidak teratur, mengalami nyeri hebat setiap kali haid, menderita infeksi radang panggul, dan terdapat masalah saluran telur juga bisa memengaruhi keberhasilan promil.
 

5. Lakukan konsultasi kehamilan


Jika umumnya dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter apabila tidak kunjung hamil setelah setahun menikah, pasangan yang memiliki kondisi tertentu justru dianjurkan untuk segera berkonsultasi bila dalam waktu 3-6 bulan menikah tidak kunjung hamil.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Sering Diremehkan, Ternyata Ini Pentingnya Asuransi Smartphone

BERIKUTNYA

6 Rekomendasi Drama & Film Korea Terbaru dari Viu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: