Snapchat meluncurkan tiga fitur baru ramah disabilitas (Sumber gambar: Pexels/Thought Catalog)

Snapchat Luncurkan 3 Fitur Ramah Disabilitas

17 May 2022   |   09:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Platform video pendek Snapchat meluncurkan tiga fitur baru ramah disabilitas. Ketiga fitur ini dibuat untuk menciptakan kemudahan akses teknologi bagi para penyandang disabilitas, sekaligus komitmen Snapchat menjadi perusahaan yang lebih adil, inklusif, dan anti rasisme.

Menurut keterangan resmi Snapchat yang diterima Hypeabis.id, Selasa (17/5/2022), fitur-fitur tersebut dibuat dengan pendekatan yang menggabungkan empati dengan penelitian. Dengan begitu dapat dipahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk, melakukan eksperimen untuk memvalidasi temuan, dan mengulang desain untuk meningkatkan inklusivitas.

“Inklusivitas telah menjadi tujuan akhir untuk meningkatkan kamera sebagai perwakilan komunitas,” demikian tulis Snapchat.

Berikut adalah tiga fitur baru ramah disabilitas yang diluncurkan Snapchat.
 

1. Bitmoji dengan perangkat bantu

 

g

Sumber gambar: Snapchat


Bitmoji merupakan produk Snapchat, di mana para pengguna dapat mempersonalisasi avatar atau stiker mereka sendiri untuk berkomunikasi di Snapchat atau aplikasi lain. 

Sekarang, semua pengguna dapat menghias avatar mereka dengan stiker yang dapat menampilkan tongkat dan alat bantu dengar dalam beberapa warna atau pose 3D menggunakan kursi roda.

Baca juga: Fitur Baru Snapchat, Pengguna Bisa Langsung Bagikan Video YouTube Tanpa Ribet


2. Lensa AR untuk belajar bahasa isyarat

 

v

Sumber gambar: Snapchat

Snap AR turut memudahkan dan menciptakan cara yang menyenangkan bagi pengguna untuk berkomunikasi secara visual, tidak hanya memungkinkan bagaimana AR dapat meningkatkan cara orang berbelanja atau berkomunikasi secara umum.

Snapchat telah meluncurkan ASL Alphabet Lens pada 5 April 2022 yang bekerja sama dengan SignAll. Ini adalah inovasi pertama pada Lensa AR yang memungkinkan 319 juta pengguna Snapchat untuk mulai belajar Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Indonesia, sebagai salah satu pengadopsi ASL bisa mulai memanfaatkan lensa ini untuk belajar mandiri menggunakan bahasa isyarat.
 

3. Mini show tentang pentingnya kesadaran disabilitas

 

vf

Sumber gambar: Snapchat

Snapchat juga memiliki mini-show premium yang dibuat untuk seluler yang ada di Snapchat yang disebut sebagai Shows. Salah satu konten menarik yang tersedia untuk meningkatkan kesadaran tentang disabilitas adalah Make Way.

Baca juga: Lindungi Penyandang Disabilitas dari Workplace Bullying

Make Way memiliki banyak episode yang mencakup kisah nyata dari sudut pandang orang-orang tentang bagaimana mereka hidup dengan disabilitas. Acara-acara ini dibuat untuk menunjukkan perwakilan yang lebih beragam dari industri hiburan, serta untuk kaum Milenial dan Gen Z pada umumnya, untuk lebih memahami beberapa masalah yang mungkin jarang dibahas dalam konteks disabilitas.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Cara Sehat & Nyaman selama Kehamilan hingga Persalinan

BERIKUTNYA

Pakar Marketing Sebut 3 Faktor Ini yang Membuat Film KKN di Desa Penari Tembus 6 Juta Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: