Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

10 Kiat Agar Rambut Kalian Tumbuh Panjang & Sehat

10 May 2022   |   16:44 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

6. Potong ujung rambut yang bercabang secara rutin

Tip ini mungkin terdengar kontraproduktif, tetapi jika kalian menginginkan rambut tumbuh lebih panjang, memotong ujung rambut yang bercabang, kering dan rusak diperlukan untuk pertumbuhan rambut alami dan sehat.

Jika dibiarkan, ujung rambut yang bercabang dapat merusak batang rambut dan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Tergantung pada kondisi rambut, gaya rambut, dan rutinitas harian, kalian mungkin perlu memotong ujung rambut secara rutin setiap enam pekan hingga enam bulan.

(Baca juga: 4 Nutrisi Penting Ini Bantu Perkuat Kesehatan Rambut)


7. Sisir rambut kusut dengan lembut

Kalau kalian sering menyisir rambut dengan kasar hingga menyebabkan rambut patah atau rontok, kalian perlu menghentikan kebiasaan buruk ini. Selain merawat rambut dengan produk pembersih dan suplemen, kita juga harus memperlakukan rambut dengan lembut saat menggunakan sisir.

Menyisir rambut kusut dengan kasar hanya akan merusak batang rambut dan membuatnya rentan patah, tentu saja hal ini akan menghambat pertumbuhan rambut sehat. Alih-alih menyisir rambut kusut setelah keramas, saat rambut paling rentan dan rapuh, sebaiknya sisir rambut sebelum keramas.

Tiap jenis sisir memiliki fungsinya masing-masing. Sisir bergigi lebar, sikat anti kusut, atau sikat dayung dengan ujung bulat adalah pilihan yang lebih baik untuk menyisir rambut kusut dengan lembut dan menyebabkan kerusakan minimal.


8. Kurangi stres

Stres dapat mempengaruhi tubuh lewat berbagai cara dan bahkan bisa menjadi penyebab kerontokan rambut bagi sebagian orang. Biasanya, dibutuhkan stres traumatis yang parah atau stres kronis dari waktu ke waktu untuk menyebabkan kerontokan rambut.

Beberapa penyakit autoimun pada rambut dan kulit kepala yang menyebabkan kerontokan rambut tidak merata, seperti alopecia areata, dapat dipicu atau diperparah oleh serangan stres. Sejumlah obat juga yang diketahui terkait sebagai pemicu kerontokan rambut.
 

9. Gunakan sarung bantal dari sutra

Penutup rambut (bonnet) dan sarung bantal sutra atau satin lebih baik untuk kesehatan rambut daripada katun, yang akan menyerap semua kelembapan dari helaian rambut dan menyebabkan rambut mudah kusut dan patah. Meskipun ini tidak serta merta mempercepat proses pertumbuhan rambut, tidur dengan sarung bantal sutra menghasilkan lebih sedikit gesekan dan memberikan permukaan yang lebih lembut pada rambut untuk beristirahat.
 

10. Gunakan produk perawatan rambut dengan keratin

Produk berbasis keratin tidak hanya melembabkan rambut kering dan membuat rambut tampak lebih berkilau, tetapi juga dapat memperkuat rambut dan mencegah kerusakan di kemudian hari. Protein, yang bersifat protektif, menyiram rambut dengan minyak esensial dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang, membuat lingkungan yang ideal bagi helai rambut yang sehat untuk tumbuh.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Lukisan Karya Andy Warhol Ini Terjual US$195 Juta, Menjadikannya sebagai Karya Seni Abad 20 Paling Mahal

BERIKUTNYA

4 Alasan Seru Drakor Woori the Virgin Harus Kalian Tonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: