Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

10 Kiat Agar Rambut Kalian Tumbuh Panjang & Sehat

10 May 2022   |   16:44 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Memiliki rambut panjang dan sehat bak Rapunzel mungkin impian bagi sebagian orang, tetapi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan bukanlah hal yang mudah. Pertumbuhan rambut tiap orang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik serta ragam perawatan yang dilakukan.

Di antara produk-produk populer di pasaran, ternyata memijat kulit kepala sendiri menggunakan beberapa bahan alami utama dapat membantu mempertahankan panjang rambut membuat tiap helainya terlihat lebih indah dan sehat.

Dengan maraknya perawatan rambut alami, kini mendapatkan rambut impian tidak lagi sesulit yang dibayangkan.

Yang perlu kalian ingat, tidak ada bahan atau metode yang benar-benar dapat membuat rambut dapat tumbuh lebih cepat dari akarnya.

Sebagai gantinya, Genhype dapat mengikuti tip di bawah ini untuk menumbuhkan rambut yang lebih sehat dan kuat yang akan mengurangi kerusakan pada ujungnya dan, pada akhirnya, bisa tumbuh lebih panjang.

Berikut adalah beberapa tip pro dari para ahli tentang cara merangsang pertumbuhan rambut sehat secara alami:


1. Pijat kulit kepala secara rutin

Sama seperti tanah berkualitas baik yang penting untuk menumbuhkan tanaman dan bunga yang sehat, kulit kepala yang sehat adalah kunci untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Penelitian mendukung gagasan bahwa memijat kulit kepala memiliki efek untuk mengendalikan hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung.

Memijat kulit kepala akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, meningkatkan kekuatan akar rambut, dan membantu nutrisi masuk ke folikel lebih cepat. Kalian bisa memijat kulit kepala dalam keadaan kering atau menggunakan minyak rosemary.


2. Rawat kulit kepala dan rambut dengan minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil memiliki popularitas di dunia rambut dengan setidaknya tiga efek magis untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Pertama, minyak jarak memiliki sifat antijamur dan antibakteri untuk membantu memerangi infeksi kulit kepala yang mencegah rambut untuk tumbuh. Kedua, minyak ini kaya asam lemak omega-6, vitamin E, protein, dan nutrisi lain yang dapat menembus helai rambut yang kering dan menutup batang rambut untuk mempertahankan kelembapan.

Ketiga, memijat minyak jarak ke kulit kepala dapat membantu akar rambut menyerap semua nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.


3. Tukar suplemen pertumbuhan rambut dengan lemak sehat

Efektivitas suplemen penumbuh rambut ternyata masih diperdebatkan oleh para ahli. Sebagian bahkan mengklaim bahwa suplemen yang beredar di pasaran justru mengandung lebih banyak mineral dan vitamin yang tidak dibutuhkan kulit kepala dan rambut.

Untuk alasan ini, para ahli berpendapat bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, omega-3s, akan jauh lebih efektif untuk mendorong pertumbuhan rambut sehat. Vitamin dan mineral yang terdapat secara alami dalam makanan lebih mudah diserap oleh tubuh dan secara alami akan memberikan rasio nutrisi yang lebih sehat.

Sumber makanan yang kaya omega-3s antara lain salmon, tuna, biji rami (flaxseed), kenari, serta minyak nabati seperti kedelai dan minyak canola.


4. Kurangi menata rambut dengan suhu tinggi

Genhype mungkin sudah sering mendengar nasihat dari para penata rambut, bahwa cara terbaik untuk menstimulasi pertumbuhan rambut adalah dengan mengurangi penataan rambut dengan suhu tinggi. Penggunaan pengering, pelurus atau pengeriting rambut dalam intensitas tinggi akan merusak rambut, membuatnya kering dan rapuh. 

Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk micro-fiber lalu diangin-anginkan. Kalau kalian terpaksa menggunakan alat penata rambut, jangan lupa aplikasikan heat protector.

(Baca juga: Mudah! Ini 5 Tips Mengatasi Rambut Lepek)
 

5. Cuci rambut dengan sampo secukupnya.

Keramas terlalu sering dapat membuat rambut rusak, rapuh dan kering karena sifat sampo yang menyerap minyak alami pada rambut. Tergantung pada jenis rambut, kebutuhan cuci rambut tiap orang bervariasi.

Jenis rambut yang lebih tebal dan kasar dapat bertahan tanpa keramas selama beberapa hari, tetapi untuk rambut yang lebih tipis mungkin akan merasa tidak nyaman dengan minyak di kulit kepala bahkan satu hari setelah keramas.

Untuk jenis rambut yang lebih tipis, kalian dapat menggunakan dry shampoo yang dapat menyerap minyak berlebih dan memberikan volume pada rambut tanpa harus membuat rambut kering karena terlalu sering keramas.
 
1
2


SEBELUMNYA

Lukisan Karya Andy Warhol Ini Terjual US$195 Juta, Menjadikannya sebagai Karya Seni Abad 20 Paling Mahal

BERIKUTNYA

4 Alasan Seru Drakor Woori the Virgin Harus Kalian Tonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: