Ilustrasi rambut yang sehat. (Dok. Ali Pazani dari Unsplash)

5 Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat & Lembap

21 October 2021   |   16:00 WIB

Genhype, rambut membutuhkan perawatan rutin layaknya perawatan wajah dan bagian tubuh yang lain, 'mahkota' inipun memengaruhi penampilan. Akan tetapi, rambut yang terawat juga datang dari kulit kepala yang sehat sehingga perawatan kulit kepala berperan penting bagi kesehatan rambut.

Dengan kerentanan kulit kepala yang cenderung bisa menimbulkan masalah, maka perawatan khusus diperlukan agar rambut bisa terlihat sehat dan lembap. Berikut lima tips untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.
 

1. Gunakan produk perawatan yang lembut

Penggunaan produk perawatan rambut memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit kepala dan rambut, akan tetapi hal ini harus ditinjau dari bahan-bahan yang digunakan dan kecocokannya pada seseorang. Beberapa bahan yang dianggap lembut dan mampu menutrisi rambut dari luar adalah asam amino, minyak zaitun, ceramide, minyak kelapa yang diproses, hingga berbagai vitamin.

Tapi, jika Genhype memiliki alergi atau sensitif terhadap beberapa bahan tersebut, disarankan untuk menghindari produk dengan sulfat yang kuat, alkohol, dan pewangi kimia yang memengaruhi kesehatan kulit kepala.
 

2. Lakukan proses dengan benar

Proses mencuci rambut tidak hanya sekadar mencuci kulit kepala dan rambut lalu membilasnya. Ada langkah-langkah yang disarankan dalam proses ini, di antaranya mencuci kulit kepala selama 2-3 menit lebih dahulu lalu cuci bagian rambut dan lakukan selama beberapa kali bagi rambut yang panjang atau bertekstur.

Jangan lupa juga saat menggunakan kondisioner, hindari menggunakannya langsung pada kulit kepala sebab hal ini bisa menghambat folikel rambut dan aplikasikan pada batang rambut selama 2-3 menit sebelum dibilas.
 

3. Atur jenis makanan yang dikonsumsi

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam tubuh juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi seperti makanan dengan kandungan omega 3, 6, 9, probiotik, antioksidan, zat besi, vitamin A dan C, dan folat yang bisa membantu kesehatan kulit kepala dan rambut.
 

4. Kurangi penggunaan alat penata rambut

Beberapa alat penata rambut seperti pengering rambut, pelurus, dan pengeriting rambut bisa menyebabkan kerusakan rambut jika terlalu sering digunakan. Hal ini disebabkan karena suhu panas yang tinggi bisa mengurangi kelembapan rambut.
 

5. Gunakan cairan perawatan rambut

Beberapa cairan perawatan rambut seperti serum, ekstrak, atau cairan lain yang mengandung bahan alami, ekstrak tumbuhan, dan minyak alami bisa mendukung kesehatan rambut. Hal ini perlu dilakukan untuk semua jenis rambut, baik yang tidak pernah dicat atau ditaya maupun yang sudah pernah.

Jangan lupa juga untuk melakukan berbagai macam perawatan seperti masker rambut untuk rambut kering, rusak, atau rambut yang sering ditata. Produk ini biasanya dipakai sekali atau dua kali seminggu dengan durasi 3-7 menit tergantung pada jenis masker rambut.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Novel Karya Hillary Clinton 'State of Terror' Jadi Buku Fiksi Terlaris

BERIKUTNYA

Bang Yedam 'TREASURE' Tampil Kece dengan Merek Fesyen Indonesia Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: