Ilustrasi jerawat punggung (Sumber gambar: Taylor Brandon/Unsplash.com)

Jerawat di Punggung Meresahkan? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya

19 August 2022   |   13:58 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Jerawat merupakan salah satu permasalahan tubuh yang dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri seseorang. Tak sedikit orang yang merasa terganggu dengan keberadaan jerawat di beberapa bagian tubuh, terutama di bagian yang jarang disentuh.

Meski identik muncul di permukaan wajah, jerawat juga sering ditemui di area belakang tubuh seperti punggung. Bukan tak beralasan, jerawat punggung merupakan salah satu tanda dari kesehatan tubuh yang terganggu.

Jerawat pada punggung menandakan masifnya pertumbuhan bakteri yang dipicu oleh berbagai hal, salah satunya biang keringat. Biang keringat muncul akibat tersumbatnya folikel rambut yang turut memicu produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak.

Baca jugaJerawat Membandel, Hindari 3 Makanan Ini

Hal ini juga memicu tersumbatnya pori-pori di area punggung yang akan menyebabkan radang, sehingga jerawat muncul di area punggung.

Namun Genhype tak perlu khawatir. Sebuah studi dari American Academy of Dermatology Association mengungkapkan jika produk jerawat tanpa resep dokter yang beredar di pasaran terbukti efektif membantu mengatasi jerawat punggung ringan hingga sedang.

Ahli dermatologi juga menyarankan penggunaan produk berkandungan Benzoyl Peroxide dan Retinoid Adapalene untuk membantu menghilangkan jerawat di punggung. Kedua kandungan tersebut terbukti mampu membuka pori-pori dan membunuh bakteri penyabab jerawat.

Selain menggunakan produk dengan kandungan tertentu, Genhype juga bisa mengatasi jerawat punggung dengan lima cara berikut:
 

1. Gunakan Pakaian Longgar

Terutama saat berolahraga, dermatologis menyarankan penggunaan pakaian longgar dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat. Hal ini membantu meminimalisir pertumbuhan bakteri yang terjadi saat berkeringat. Setelah berolahraga, Genype disarankan untuk langsung mandi dan berganti pakaian.
 

2. Gosok Kulit Secara Perlahan

Sentuhan pada kulit saat menggunakan sabun menjadi kunci penting dalam mengatasi jerawat punggung. Sebaiknya Genhype menggunakan sabun di area punggung dengan cara menggosok secara lembut sehingga kulit tidak mudah teriritasi.

Oh iya, Genype juga harus menghindari penggunaan sabun dengan scrub abrasive yang ternyata dapat memperburuk jerawat di punggung.
 

3. Pilih Produk Bebas Minyak

Untuk membuat kulit terhindar dari tingginya pertumbuhan bakteri di area punggung, Genhype sebaiknya memilih produk yang memiliki klaim tidak menyumbat pori-pori.

Biasanya produk-produk jenis ini memiliki tulisan “non-comedogenic” di bagian belakang kemasannya.
 

4. Hindari Memencet Jerawat

Meskipun tampak sepele, memencet jerawat justru akan memperburuk peradangan pada area punggung. Untuk hal ini, Genhype harus menahan diri agar tidak menggosok secara keras apalagi sampai memencet jerawat ya!
 

5. Gunakan Tabir Surya

Menjemur area punggung yang berjerawat dibawah sinar matahari merupakan mitos. Dermatologis menyebut hal ini justru dapat memperburuk kemerahan yang timbul akibat adanya jerawat.

Selain itu, sinar matahari dapat membuat bekas jerawat menjadi gelap dan susah untuk dihilangkan.

Penggunaan tabir surya menjadi kunci penting bagi Genhype yang memiliki jerawat punggung dan ingin beraktiivtas di luar ruangan. Jangan lupa untuk memilih tabir surya yang bebas kandungan minyak ya!

Nah Genype, itulah beberapa cara mengatasi jerawat punggung. Selamat mencoba!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Manfaat Membaca Buku Bersama bagi Ayah & Anak 

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Siap Menyayat Hati Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: