Aktivitas penumpang di bandara. (Bisnis)

Siap-siap, Bakal Terjadi Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno Hatta

25 April 2022   |   05:43 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Angkasa Pura (AP) II memperkirakan puncak arus para pelancong yang melakukan perjalanan mudik di bandara-bandara yang dikelola oleh perusahaan akan terjadi pada Sabtu, 30 April 2022 atau pada akhir pekan ini sekitar 2 hari sebelum Lebaran.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pergerakan pelancong pada puncak arus mudik nanti diperkirakan mencapai 180.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 120.000 pelancong ada di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten. 

"Puncak arus mudik di bandara-bandara AP II diperkirakan pada 30 April [2022]," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id

Dia menuturkan terdapat peningkatan pergerakan pelancong secara kumulatif sejak awal masa angkutan Lebaran tahun ini atau H-10 Lebaran, yakni 22 April 2022, di 20 bandara yang dikelola oleh AP II. 

Pergerakan pelancong yang menggunakan pesawat sebagai moda transportasi untuk mudik mencapai 160.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 110.000 orang berada di Bandara Soekarno - Hatta. 

Pergerakan arus penumpang tersebut juga lebih tinggi 14 persen jika dibandingkan dengan pergerakan pada Maret 2022 yang berada di sekitar 140.000 pelancong per hari. 

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan, AP II dan stakeholder memastikan kesiapan seluruh sumber daya untuk menjaga standar tinggi dalam keamanan, keselamatan, dan pelayanan serta pemenuhan regulasi termasuk terkait protokol kesehatan. 

Dia menambahkan perusahaan juga mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal agar tidak terkonsentrasi pada waktu-waktu tertentu. 

Untuk diketahui, 20 bandara yang dikelola oleh perusahaan antara lain Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Kualanamu (Medan), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh).

Kemudian Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang), Bandara Silangit (Tapanuli Utara), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Banyuwangi (Banyuwangi), Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya), Bandara Radin Inten II (Lampung), Bandara H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Cara Merawat Kulit Berjerawat, Tidak Bisa Sembarangan

BERIKUTNYA

Catat! Begini Prosedur Mudik Aman untuk Penderita Diabetes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: