Rich Brian (Sumber gambar: Rich Brian Official Instagram)

Cetak Sejarah di Coachella, Simak 9 Fakta Perjalanan Karier Rich Brian

19 April 2022   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama rapper Rich Brian masih menjadi perbincangan di jagat maya. Musisi berusia 22 tahun itu mengukir sejarah sebagai salah satu musisi Indonesia pertama yang tampil di Coachella 2022. Coachella sendiri merupakan festival musik tahunan bergengsi yang dihelat di Amerika Serikat.

Musisi yang memiliki nama lengkap Brian Imanuel Soewarno ini memang dikenal di kancah internasional sebagai rapper muda asal Indonesia. Memiliki sebanyak 2,28 juta subscribers di kanal YouTube miliknya, single-single yang diluncurkan Rich Brian kerap ditonton hingga puluhan bahkan ratusan juta viewers.

Dengan kesuksesan yang diraihnya di usia yang masih terbilang muda, tentu menarik untuk mencari tahu perjalanan karier seorang Rich Brian. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta menarik seputar perjalanan karier Rich Brian.
 

1. Belajar otodidak dari internet

Brian sudah hobi menyanyi sejak kecil. Saat masih berusia 11 tahun, dia sudah akrab dengan media sosial dan mulai mengenal musik-musik hip hop serta kultur Amerika melalui internet terutama YouTube. 

Pada 2010, dia pun sering mengunggah konten-konten komedi seputar kultur Amerika. Dia belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton video YouTube dan mendengarkan lagu-lagu dari para penyanyi rap seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler, The Creator.


2. Merilis Dat $tick

Pria yang kala itu masih menggunakan nama Rich Chigga itu akhirnya merilis lagu pertamanya berjudul Dat $tick pada 2016 melalui kanal YouTube miliknya. Siapa sangka, lagu inilah yang berhasil meroketkan nama Rich Brian secara internasional.

Meski dibuat dari rumahnya sendiri, lagu Dat $tick sangat populer hingga ditonton lebih dari 199 juta viewers hingga saat ini. Lagu itu juga mengantongi penghargaan dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA).

(Baca juga: Keren! Rich Brian Hadirkan Monas di Panggung Coachella)
 

b

Rich Brian (Sumber gambar: Rich Brian Official Instagram)


3. Kolaborasi dengan banyak musisi internasional

Sejak saat itu, Rich Brian pun semakin sering meluncurkan karya-karya musiknya. Dia juga telah bekerja sama dengan sederet musisi internasional seperti Diplo, Pharrell Williams, Ghostface Killah dan RZA (Wu-Tang Clan), Pouya, Skrillex, Zhu, bbno$ dan THEY.

Dalam  video musik Yellow, Brian menggandeng Dave Meyers, mastermind di balik video musik Taylor Swift hingga Kendrick Lamar. Meyers jugalah yang menyutradarai All The Stars, soundtrack dari Black Panther, salah satu film superhero garapan Marvel. Adapun untuk lagu Gospel, Rich Brian sempat menggaet Keith Ape dari Korea Selatan serta mendiang XXXTentacion asal Amerika Serikat.


4. Menetap di Amerika Serikat

Sebelum menginjak usia 18 tahun, Rich Brian telah berhasil merilis banyak karya hingga go internasional. Pada 2017 lalu, Brian sudah menggelar konser pertamanya di Los Angeles serta menggelar tur keliling Amerika dan Eropa. 

Dia kini bahkan telah sukses mewujudkan impiannya untuk pindah dan tinggal menetap di Negeri Paman Sam tersebut. Meski begitu, kedua orang tuanya sempat enggan merestui saat Brian meminta izin untuk mengejar karier hingga ke Amerika.

Namun berkat kesungguhan yang ditunjukkannya, akhirnya seluruh keluarga Brian mendukung penuh cita-citanya, hingga kemudian kerja kerasnya pun berbuah manis. Pelantun lagu Drive Safe itu kini telah sukses mengharumkan nama Indonesia di belantika musik internasional.

5. Bergabung dengan 88rising
1
2


SEBELUMNYA

Game RPG Shin Megami Tensei V Tembus 1 Juta Penjualan 

BERIKUTNYA

Smartphone Xiaomi Redmi 10C Resmi Meluncur, Begini Harga & Spesifikasinya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: