Ilustrasi ide bisnis. (Sumber gambar: Patrick Perkins/Unsplash)

4 Peluang Usaha Unik yang Belum Banyak Pesaing

04 April 2022   |   18:28 WIB

Membuka bisnis pada masa pandemi atau ketika sudah bekerja bisa jadi alternatif dalam mendapatkan pendapatan tambahan. Akan tetapi, kini sudah mulai banyak masyarakat yang membuka usaha barang atau jasa yang memiliki berbagai macam pesaing, baik dari sesama pekerja lepas maupun perusahaan.

Salah satu ide yang bisa digali lebih dalam adalah memanfaatkan pasar kecil yang spesifik atau niche market. Dalam ilmu ekonomi, istilah ini merujuk pada target konsumen dari sebuah produk yang spesifik sesuai dengan kebutuhan, kualitas, dan demografi yang dituju pelaku usaha.

Berikut beberapa ide bisnis yang bisa digali lebih dalam dengan sedikitnya pesaing.
 

1. Minuman dan makanan sehat

Menu makanan dan minuman sehat dalam bentuk katering bisa jadi peluang usaha untuk target konsumen yang sedang diet maupun yang hanya mengonsumsi makanan sehat seperti vegan dan gluten-free. Kategori ini sendiri masuk ke dalam ranah pasar nutrisi dan kesehatan.

Adanya bidang usaha ini bisa dilihat dengan banyaknya orang yang mulai menyadari gaya hidup sehat, terutama dari pola makan, serta beberapa pesaing yang menawarkan makanan dan minuman sehat yang cenderung mahal. Alternatifnya, usaha ini bisa dikreasikan dengan bahan-bahan lokal dan dijual sebagai paket katering.
 

2. Penitipan dan pengasuhan hewan

Meski bisnis yang berkaitan dengan hewan merupakan bisnis yang umum, bisnis yang berkaitan dengan penitipan dan pengasuhan belum banyak ditemukan. Hal ini terjadi karena peminat dari bisnis ini umumnya dari mereka yang memiliki kesulitan dalam merawat peliharaannya ketika sedang jauh dari rumah.

Bisnis ini bisa dibangun dengan bermodalkan tempat penitipan sesimpel rumah penitipan atau hotel khusus maupun pelayanan jasa seperti memandikan, mengajak jalan-jalan, dan lainnya.
 

3. Sewa mainan anak

Penyewaan mainan anak bisa jadi alternatif bagi orang tua yang sudah memiliki anak balita atau batita, tapi mengalami kendala atau tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk membeli mainan. 

Usaha ini cocok untuk mereka yang suka mengoleksi mainan anak dan ingin memberikan pengalaman mainan kepada anak-anak. Selain mainan, usaha ini harus memperhatikan kehigienisan mainan serta kondisi mainan yang akan disewakan.
 

4. Personalized fashion

Genhype suka membuat pakaian atau aksesoris yang sesuai custom/didesain sesuai preferensi pribadi? Jasa ini merupakan jasa yang memiliki sedikit saingan di tengah banyaknya industri pakaian fast fashion atau layanan serupa yang cenderung mahal.

Baca juga:
Ingin Ikut Kemitraan Es Teh yang lagi Viral? Ini Dia Perhitungan Usahanya
Mau Ikutan Kemitraan Mixue Ice Cream yang Lagi Viral? Ini Rincian Modal Awal dan Keuntungannya


Hadirnya produk dan jasa ini bisa menyesuaikan dengan individu atau klien dengan konsultasi dari pelaku usaha serta modal akan pengetahuan, sumber daya pakaian dan tenaga penjahit yang membuat pakaian atau aksesoris tersebut.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Angkat Kisah Sahabat Jadi Cinta, Simak 5 Fakta Menarik Drakor Soundtrack #1

BERIKUTNYA

4 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Telegram 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: