Aplikasi pesan instan Telegram (Sumber gambar: Unsplash/Christian Wiediger)

4 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Telegram 

04 April 2022   |   18:31 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Komunikasi era modern seperti sekarang banyak dilakukan menggunakan aplikasi pesan instan. Ada banyak perangkat lunak yang bisa pakai untuk melakukan hal tersebut, mulai dari WhatsApp, Line, Telegram, dan lain sebagainya. 

Ya, saat ini Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan populer, menyusul perubahan kebijakan privasi Meta - perusahaan induk WhatsApp. Selain itu, aplikasi Telegram juga menawarkan sejumlah fitur menarik dan khas miliknya. 

Perangkat lunak ini juga telah memakai teknologi end-to-end encryption yang dapat menjamin keamanan pesan antar para penggunanya. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk lebih mengamankan akun Telegram yang dimiliki, sebagai berikut. 
 

1. Sembunyikan nomor telepon 

Telegram memungkinkan para penggunanya untuk menyembunyikan nomor telepon yang dipakai dari orang lain. Ini menghindarkan orang asing untuk melihat nomor telepon yang kita punya. Caranya, pergi ke Pengaturan, Privasi dan Keamanan, Nomor Telepon dan pilih Tidak Ada pada menu ‘Yang dapat melihat nomor telepon saya’. 
 

2. Pakai Lock Chat 

Telegram menerapkan sistem pesan teks (chat) pada komputas awan yang memungkinkan pengguna mengakses percakapan dalam berbagai perangkat. Untuk menjaga kerahasiaan, pengguna juga bisa memakai fitur Lock Chat yang dapat mengunci semua pesan secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa saat. 
 

3. Fitur Self-Destruct Chat 

Fitur ini, seperti namanya, akan menghilangkan pesan yang telah dikirim antar pengguna. Jadi pesannya bisa hilang di kedua perangkat yang saling berkirim pesan. Telegram juga akan mengirimkan notifikasi jika orang lain mengambil tangkapan layar (screenshot) pesan tersebut. 
 

4. Hapus Pesan Berdasarkan Tanggal 

Selain fitur penghapusan pesan langsung, pengguna juga bisa menghapus chat berdasarkan tanggal tertentu. Untuk bisa melakukannya, cukup buka kalender, klik tanggal yang muncul lalu pilih pesan dari hari yang akan dihapus. Ada juga fitur hapus pesan otomatis dalam rentang satu hari, minggu, atau bulan. 
 

5. Batasi Undangan Masuk Grup 

Seperti aplikasi pesan instan lainnya, kita juga mungkin untuk ditambahkan ke sebuah grup oleh orang lain. Seringkali hal ini agak mengganggu apalagi bila diundang oleh orang asing. Guna mengatasi hal ini, kalian bisa pergi ke Pengaturan Privasi, Grup, lalu tentukan siapa saja yang bisa mengundang kalian ke sebuah grup. 

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Peluang Usaha Unik yang Belum Banyak Pesaing

BERIKUTNYA

Intip 4 Tren Fashion untuk Lebaran 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: