Ilustrasi bersemangat (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

10 Kegiatan Santai yang Membuat Kalian Bersemangat Menghadapi Senin

20 March 2022   |   20:08 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kalau kalian satu dari sekian orang yang benci dengan datangnya Senin, kalian tidak sendiri. Monday blues bisa dialami oleh siapa saja dengan berbagai alasan mulai dari tugas yang menumpuk, stres karena pekerjaan dan hal lainnya yang membuat hari Minggu rasanya bergerak terlalu cepat.

Akhir pekan idealnya dilewati dengan mengisi energi guna menghadapi semua tantangan baru di pekan depan, dan bersantai adalah cara terbaik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rasa takut ini menjadi lebih kecil.

Daripada meringkuk di kasur seharian sambil menonton ulang serial drama hingga matahari terbenam, ada banyak kegiatan positif yang bisa Genhype lakukan untuk menyiapkan diri sebelum Senin tiba.

Berikut ini daftar kegiatan sederhana dan dijamin dapat membuat kalian lebih rileks yang bisa dilakukan di akhir pekan untuk membantu kehidupan kerja yang lebih produktif:
 

1. Jangan Hidup Hanya untuk Akhir Pekan

Studi Happy People Live Longer yang dilkaukan 2011 menununjukkan bahwa orang-orang yang stres karena pekerjaan cenderung lebih bahagia pada akhir pekan. Kalian dapat membagi rata kebahagiaan ini pada hari-hari lain dengan melakukan banyak hal menyenangkan di hari kerja seperti menonton film atau sekedar berkumpul dengan teman. Coba akhiri tiap hari dengan energi positif dan hindari bergantung pada akhir pekan untuk bahagia.
 

2. Jadikan Minggu sebagai Hari Istirahat

Bersosialisasi di tengah pekan mungkin seru dan bermanfaat untuk menciptakan pekan yang lebih seimbang antara waktu santai dengan waktu penuh stres. Namun, tidak sedikit orang yang memaksakan agenda senang-senang pada akhir pekan yang justru membuat mereka kelelahan saat Senin tiba. Kalian bisa memilih antara Jumat atau Sabtu untuk melakukan hal yang tidak mungkin dilaksanakan di hari kerja, lalu di hari Minggu kalian dapat beristirahat dan mengisi energi.
 

3. Bermain Alat Musik

Memainkan alat musik dapat meningkatkan suasana hati dengan melepaskan hormon perasaan baik, dopamin, ke dalam sinapsis. Ini juga membantu membuat otak lebih pintar dengan meningkatkan tingkat konsentrasi, meningkatkan retensi memori, dan menurunkan tingkat stres. Musik membantu meningkatkan keterampilan sosial dan kerja tim saat bermain bersama.


4. Membaca

Membaca memungkinkan imajinasi kalian pergi ke tempat-tempat serta pengalaman baru. Kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan akan budaya serta kekayaan kosakata dan tentu saja memfasilitasi latihan mental agar lebih rileks. 
 

5. Jalan-Jalan

Jalan-jalan adalah salah satu aktivitas yang membuat kita menyadari betapa memesona dunia dan betapa menakjubkan kehidupan di sekitar kita. Memperkenalkan diri pada budaya dan gaya hidup baru nan berbeda membantu kita mengenali diri sendiri dan dunia sekitar dengan lebih baik. 
1
2


SEBELUMNYA

Cek Profil Sarah Tumiwa, Pemenang Indonesia’s Next Top Model Cycle 2

BERIKUTNYA

Game Ini Enggak Cuma Seru, Tapi Juga Bisa Buat Kalian Belajar Literasi Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: