Pameran Seni Rupa Indonesia Kini: Pascamasa berlangsung hingga 20 Januari 2024. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Abdurachman)

Jadwal Acara Akhir Pekan di Jakarta 6-7 Januari 2024, dari Pameran Seni hingga Konser

06 January 2024   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan selalu menjadi momen yang ditunggu setiap orang. Sebab, setelah menjalani rutinitas selama lima hari berturut-turut, momen yang identik dengan hari libur ini bakal menjadi fase melepas penat, terutama di kalangan para pekerja kerah biru.

Di Jakarta, hampir setiap akhir pekan selalu ada sejumlah acara baik itu acara seni, kuliner, hingga pameran yang sayang untuk dilewatkan oleh masyarakat. Bahkan, beberapa acara di antaranya bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis.

Baca juga: Bocoran Penampilan Spesial di Panggung Golden Disc Award 2024 Jakarta

Nah, bagi Genhype yang masih bingung akhir pekan ini mau ke mana, berikut adalah sejumlah event yang digelar pada akhir pekan ini, tepatnya pada tanggal 6-7 Januari 2024 di Jakarta.


1. Pameran Pascamasa, Galeri Nasional Indonesia

 
 


Dihelat di Galeri Nasional Indonesia, pameran Pascamasa mencoba mengurai isu kesenian yang bertaut pada isu pasca. Termasuk memamerkan karya seni dari seniman kontemporer yang berproses menjelajahi isu-isu era ‘kesudahan’, seperti pascaindustrial, pascamodern, dan pascakebenaran.

Adapun, beberapa seniman yang karyanya dipajang di pameran ini di antaranya adalah Arafura, Arkiv Vilmansa, Azizi Al Majid, Condro Priyoaji, Franziska Fennert, Irfan Hendrian, Iwan Yusuf, Meliantha Muliawan, Nesar Eesar, Nona Yoanisarah, Tomy Herseta, dan Sikukeluang.


2. Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Exhibition, Dia.Lo.Gue 

 
 


Ruang alternatif Dia.Lo.Gue, di Jakarta selatan juga menghelat Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Exhibition hingga 8 januari 2024. Keunikan dari pameran ini adalah tidak  hanya menampilkan karya, tetapi juga cerita para perempuan Indonesia dan kontribusi mereka terhadap arsitektur.

Secara umum, acara ini mengeksplorasi konsep rumah yang terhubung, dengan setiap ruang, serta mengisahkan narasi unik lewat sentuhan arsitektural. Di ruang pamer, Genhype juga akan mendapat pengalaman baru lewat integrasi visual, suara, aroma, dan tekstur yang bakal membangkitkan imaji kalian.


3. Pameran Voice Against Reason, Museum MACAN

 
 


Museum seni kontemporer di kawasan Jakarta Barat ini juga menggelar ekshibisi  yang melibatkan seniman-seniman internasional. Total terdapat 24 perupa dari Indonesia hingga Afghanistan yang memamerkan karya-karya terbaiknya dalam beberapa waktu terakhir.

Sesuai tajuknya pameran ini juga mencoba menelisik tentang arti dasar bersuara dan berpendapat untuk merajut realitas yang sementara dan rapuh. Terutama yang terkait dengan narasi-narasi pribadi, konteks sejarah, tema-tema politik, dan geografi melalui sudut pandang para perupa.


4. Golden Disk Awards, Jakarta International Stadium

 
 


Acara penghargaan musik Korea Selatan Golden Disc Awards (GDA) ke-38, tahun ini juga digelar di Jakarta. Dipandu oleh Junho 2PM, Tiffany SNSD, hingga Ha Jung Woo, ajang penghargaan ini akan berlangsung pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Keunikan dari acara ini adalah menampilkan para pesohor asal Korea yang bakal mengisi line up. beberapa diantaranya seperti Seventeen, NewJeans, Le Sserafim, IVE, dan Stray Kids. Tak hanya itu, bakal hadir pula kelimun musisi garda terdepan Kpop seperti ENHYPEN, STAYC, dan Zerobaseone.


5. Lucy: We Are Landing Tour, Balai Sarbini

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LUCY (@band_lucy)



Band asal Korea Selatan, Lucy juga bakal menggelar konser di Jakarta pada 6 Januari 2024. Mengambil tajuk We Are Landing, konser ini akan dilangsungkan di Balai Sarbini, Jakarta. Tiket untuk menonton Lucy dibanderol mulai Rp1,2 juta sampai Rp2,4 juta.

Sebagai tambahan informasi, Lucy merupakan band yang sempat merilis mini album pertama berjudul Panorama pada 13 Agustus 2020. Tak lama, pada 12 November di tahun yang sama mereka kembali merilis single album kedua berjudul Snooze, dan memiliki penggemar yang kuat di Tanah Air.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Lagu NOAH yang Paling Banyak Diputar di Spotify

BERIKUTNYA

Waspada Atrial Fibrilasi, Penyebab Jantung Tiba-tiba Berdetak Kencang Tak Beraturan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: