Ilustrasi (Dok. Fadhel Rabbani/Unsplash)

Ini 8 Spot Wisata Alam di Sukabumi yang Wajib Masuk Bucket List

10 March 2022   |   08:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini wisata alam kian diminati banyak orang. Pesona alam Indonesia yang indah dan tersebar  di setiap daerah membuat destinasi wisata alam banyak yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satu daerah yang bisa kamu kunjungi adalah Sukabumi.

Meski tidak sepopuler Bandung sebagai destinasi wisata, kota yang terletak di Jawa Barat ini nyatanya memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi. Buat kamu yang sedang butuh rekomendasi wisata alam di Sukabumi, berikut adalah 8 destinasi yang wajib masuk bucket list.

1. Situ Gunung
Meski dianggap sebagai kota terkecil di Jawa Barat, Sukabumi nyatanya menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu yang paling populer adalah Situ Gunung yang merupakan danau alami yang terletak tepat di kaki Gunung Pangrango.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di objek wisata ini, para pengunjung akan langsung dibuat takjub dengan keelokan alam yang disuguhkan. Bukan hanya pemandangannya, kawasan Situ Gunung juga memiliki udara yang sejuk.

Suasananya yang tenang dan sepi menjadikan destinasi wisata alam ini cocok buat kamu yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Jangan lupa untuk menyempatkan diri bermalam di area perkemahan yang sudah disediakan oleh pengelola, ya.

 

Jembatan Situ Gunung [Dok Azinumoto/Unsplash]

Jembatan Situ Gunung [Dok Azinumoto/Unsplash]


2. Curug Puncak Manik
Tempat wisata Sukabumi menyimpan banyak curug yang juga eksotis, salah satunya Curug Puncak Manik. Untuk bisa mengunjungi air terjun yang berlokasi di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas ini sangat membutuhkan perjuangan. Namun rasa lelah menyusuri anak tangga langsung terbayar tuntas dengan pesona pemandangan curug.

Curug Puncak Manik sendiri merupakan bagian terakhir dari Sungai Ciletuh. Kedua sisinya diapit oleh dinding batu, yang bahkan jauh lebih tinggi dari air terjun lainnya seperti Curug Tengah dan Curug Awang. Saat debit air cukup deras dan cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menikmati keelokan pelangi yang muncul di atas air terjun.

3. Pantai Karang Gantungan
Jika Bali memiliki Tanah Lot, maka Sukabumi memiliki Pantai Karang Gantungan. Pantai yang terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade ini memiliki keunikan berupa karang-karang yang tampak menggantung di atas permukaan air.

Keindahan alam bahari ini makin menakjubkan dengan adanya tebing-tebing menjulang tinggi di sekelilingnya. Latar belakang tebing tersebut bahkan kerap digunakan wisatawan sebagai tempat berfoto yang tentunya sangat Instagramable. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Selain berfoto, pengunjung juga bisa bermain air dan berjalan-jalan di atas hamparan pasir pantai yang hangat.

4. Curug Awang
Curug Awang disebut-sebut sebagai salah satu wisata hit Sukabumi. Bahkan, air terjun ini kerap mendapat julukan “Mini Niagara”. Pasalnya, bentuk Curug Awang yang berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, ini memang menyerupai air terjun terbesar di dunia tersebut. Curug Awang sendiri mengalir dari tebing batu setinggi kurang lebih 40 meter.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang maksimal, disarankan untuk datang ke objek wisata ini pada musim hujan. Hal ini karena debit air yang jauh lebih besar membuatnya jauh lebih indah untuk dinikmati. Namun, area licin menjadi salah satu hal yang perlu kamu waspadai jika berkunjung ke sini.

5. Pantai Karang Bolong
Ingin menikmati keindahan bahari Pulau Jawa dari sudut pandang yang berbeda? Pantai Karang Bolong bisa menjadi tempat liburan yang tepat. Sesuai dengan namanya, pemandangan batuan karang di Pantai Karang Bolong inilah yang menjadi daya tarik utama tempat wisata di Sukabumi ini. Selain tentunya deburan ombaknya yang terbilang menakjubkan.

Di sekitar area karang tersebut, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan hamparan hijau rerumputan. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin piknik dengan keluarga dengan pemandangan pantai yang indah.

(Baca juga: Minat Berwisata Masih Besar, Ini Kata Kunci yang Paling Dicari di Google)
 

Situ Gunung (Dok. Situ Gunung Park/Instagram)

Situ Gunung (Dok. Situ Gunung Park/Instagram)


6. Pantai Ujung Genteng
Ingin berlibur ke pantai yang jauh dari keramaian? Pantai Ujung Genteng bisa menjadi pilihan. Pantai yang berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap ini sangat jauh dari keramaian. Tidak hanya hamparan pasir dan birunya air laut yang bisa menenangkan pikiran, pepohonan rindang di sekelilingnya juga membuat suasana menjadi nyaman.

Selain berjalan-jalan, bermain air, ataupun berfoto, kamu bisa mengunjungi penangkaran penyu yang masih berada di kawasan Pantai Ujung Genteng. Di sini, kamu bisa menyaksikan perkembangbiakan reptil laut tersebut. Bahkan kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan anak-anak penyu yang dilepas menuju ke laut.
 
1
2


SEBELUMNYA

Yuk Coba Resep Mie Gacoan yang Viral & Menggugah Selera

BERIKUTNYA

Jadi Drakor Terpopuler, Simak 6 Fakta Menarik 'Twenty Five Twenty One'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: