Ilustrasi. (Sumber foto: Stephanie LeBlanc on Unsplash)

10 Makanan Khas Belanda Selain Keju Gouda dan Ikan Herring

26 February 2022   |   04:07 WIB

Belanda memang kurang terkenal dari segi masakannya, tetapi ada banyak makanan dan resep yang merepresentasikan negara ini. Masakan Belanda umumnya disajikan dengan sederhana dan mungkin tidak sepopuler makanan Eropa lainnya.

Secara tradisional, masakan Belanda hambar, dengan banyak sayuran dan sedikit daging. Untuk sarapan dan makan siang, orang Belanda biasanya menyantap roti dengan topping seperti keju, sedangkan makan malam biasanya terdiri dari menu daging dan kentang, dilengkapi dengan sayuran musiman.

Ada juga banyak makanan khas daerah yang harus dicoba ketika kalian mengunjungi Belanda. Selain keju Gouda atau ikan Herring, negeri kincir angin ini memiliki makanan lezat lainnya.

Genhype harus benar-benar mencoba beberapa makanan dari daftar ini untuk mengetahui apa yang membuat hidangan tersebut mencirikan Belanda. Atau kalian bisa coba masak sendiri di rumah!

Baca jugaIngin Rasakan Suasana Rijsttafel? Coba Sajikan 7 Menu Ini

Berikut adalah 10 makanan khas Belanda yang harus kamu coba bila berkunjung di negera kincir angin ini.
 

1. Stroopwafels

Pertama kali dibuat di Gouda pada abad ke-18, stroopwafel muncul saat pembuat roti menambahkan sirup karamel manis ke kue sisa untuk dikonsumsi kembali. Wafel ini menjadi populer dan mereka membuat alat khusus untuk mencetak kue keping ini dengan besi panas seperti cetakan wafel.

Ujungnya dipotong sehingga bisa terpisah menjadi dua cakram, yang kemudian diisi dengan sirup karamel kayu manis atau 'stroop'.

Kalian bisa menyantap stroopwafels dengan karamel atau meletakkannya di atas gelas kopi atau teh panas hingga kue perlahan meleleh. Ketika berkunjung ke Belanda, kalian wajib coba stroopwafels yang dibuat segar di kios-kios pinggir jalan.
 

2. Poffertjes

Kue yang bentuknya seperti pancake namun lebih mungil dna berisi ini merupakan kudapan tradisional Belanda yang disebut poffertjes. Adonannya dibuat dengan ragi dan tepung soba dan biasanya disajikan dengan segumpal mentega dan gula bubuk. 

Poffertjes umumnya dibuat di stand makanan selama musim dingin dan Mereka disajikan di piring karton kecil. Selain mentega dan gula bubuk, topping lain yang populer adalah krim kocok, sirup, dan stroberi.
 

3. Bitterballen

Bitterballen adalah makanan ringan favorit orang Belanda dan dapat dipesan di hampir semua restoran atau kafe. Bola-bola yang terdiri dari daging ini digoreng dan disajikan dengan saus mustard.

Bitterballen memiliki lapisan renyah di luar dari tepung roti dengan isian yang lembut di dalam. Bitterballen sangat mirip dengan kroketten dari segi bahan, cara membuat, serta rasanya.
 

4. Kroket

Makanan ringan yang satu ini kalau di Indonesia mungkin lebih mirip dengan risol. Kroket berisi ragout daging yang dilipat dengan kulit dari tepung lalu dilumuri tepung roti di bagian luarnya, kemudian di goreng.  Cara menyantapnya adalah dengan menyajikannya bersama roti tawar, baguette, atau roti burger. 
 

5. Oliebollen

Oliebollen adalah camilan roti goreng khas Belanda yang disajikan pada malam tahun baru dan rasanya mirip dengan donat. Orang-orang Belanda biasa membuat makanan ini di musim dingin, tetapi kalian juga bisa membelinya di toko-toko roti. Oliebollen disajikan dengan gula bubuk.
 
1
2


SEBELUMNYA

Lagi Tren, Kenali 4 Efek Samping Diet DEBM

BERIKUTNYA

Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Fiktif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: