Ilustrasi diet. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Lagi Tren, Kenali 4 Efek Samping Diet DEBM

25 February 2022   |   21:06 WIB

Selama beberapa tahun terakhir, tren diet menjadi makin diminati masyarakat seiring dengan berkembangnya kesadaran akan kesehatan. Selain diet keto dan diet mayo, ada satu diet baru yang sedang tren yaitu DEBM atau Diet Enak Bahagia Menyenangkan yang dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono pada 2018.

Menurut Meva Nareza sebagaimana dikutip dari dari Alodokter, diet DEBM merupakan diet yang memperbanyak asupan protein dan lemak serta mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Diet ini ditanggapi dengan positif hingga diikuti oleh ratusan juta orang karena dianggap bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. 

Meski diet ini diklaim lebih mudah karena tidak memiliki banyak pantangan serta diperbolehkan makan makanan yang enak tanpa menahan lapar, ada beberapa efek samping diet DEBM yang harus diperhatikan saat menjalankan diet ini lho. Yuk simak daftarnya.

Baca jugaKiat Menurunkan Massa Tubuh Secara Konservatif, Apa Itu?

1. Sembelit dan sering buang air kecil

Kekurangan diet DEBM adalah risiko sembelit yang disebabkan karena banyaknya sayur dan buah yang masuk pantangan. Tidak hanya itu, DEBM juga tidak memiliki panduan jelas tentang porsi karbohidrat dan protein hewani yang harus dikonsumsi.

Dengan tidak jelasnya porsi ini, Genhype bisa terkena risiko sembelit sebagai akibat dari kekurangan serat yang ada pada sebagian besar makanan karbohidrat, misalnya sayuran dan buah dan kurang lancarnya sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi dan mendorong kotoran.

Sebaliknya, diet ini bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat karena adanya cairan berlebih yang dibuang tubuh melalui urine. Ini terjadi karena turunnya glikogen, bentuk penyimpanan karbohidrat yang mengikat air, di dalam tubuh.
 

2. Kinerja otak berkurang

Asupan gula yang tidak banyak dikonsumsi dan jadi pantangan dalam pola diet ini membuat tubuh kekurangan gula alami dan karbohidrat, sehingga dampaknya bisa menyebabkan sulitnya tubuh mengubah glukosa dari otot karena durasi yang lebih lama. Dampaknya, ini bisa mengganggu kerja otak.
 

3. Lemas

Dengan terbatasnya karbohidrat sebagai sumber energi, diet DEBM bisa membuat tubuh cepat lemas sebagai dampak karena tubuh belum terbiasa mengubah protein dan lemak menjadi energi.

Tidak hanya itu, ada juga efek mual dan kurangnya kualitas tidur karena terbatasnya glukosa yang ada melalui proses metabolisme karbohidrat menjadi energi.
 

4. Kekurangan nutrisi

Sebagai dampak dari terbatasnya makanan yang dikonsumsi, terutama karbohidrat dan gula, kekurangan nutrisi bisa jadi salah satu dampak dari diet DEBM. Hal ini terjadi karena kurangnya potasium, vitamin B kompleks, vitamin C, dan sodium karena pembatasan konsumsi atau karena frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Baca juga Mengenal Kelebihan & Kekurangan Diet Raw Food

Selain 4 efek samping ini, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah naiknya kolesterol jahat, sakit kepala, perut kembung, kram otot, dan bau mulut. Karena itulah, sangat disarankan jika Genhype ingin mulai melakukan diet agar melakukan konsultasi kepada ahli gizi untuk mengetahui diet yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Elden Ring Masuk Daftar Game dengan Rating Tertinggi 

BERIKUTNYA

10 Makanan Khas Belanda Selain Keju Gouda dan Ikan Herring

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: