Ilustrasi. (Sumber foto: Stephanie LeBlanc on Unsplash)

10 Makanan Khas Belanda Selain Keju Gouda dan Ikan Herring

26 February 2022   |   04:07 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

6. Licorice (Drop)

Orang Belanda menyukai licorice dengan lebih dari 2 kilogram per tahun per orang, konsumsi licorice Belanda adalah yang tertinggi di dunia. Genhype akan menemukan Licorice di hampir semua sudut kota seperti supermarket, apotek, di pasar dan pompa bensin. Licorice atau Drop hadir dalam berbagai rasa dan ukuran, tetapi pada dasarnya ada dua perbedaan utama: licorice asin dan licorice manis.
 

7. Erwtensoep (Snert)

Erwtensoep atau snert terbuat dari kacang polong, seledri, daun bawang, wortel dan daging babi. Sup kacang polong ini adalah sup yang sangat kental. Erwtensoep secara tradisional dimakan selama musim dingin dengan irisan rookworst (sosis asap) dan roti gandum hitam, atau dengan katenspek (sejenis bacon Belanda).

Orang Belanda menganggap bahwa erwtensoep yang dibuat dengan baik harus sangat kental sehingga sendok kalian bisa berdiri tegak di atasnya. Itulah sebabnya erwtensoep sering disantap keesokan harinya saat bumbunya lebih tercampur dan kuahnya semakin kental.
 

8. Pannenkoeken (Dutch Pancakes)

Pancake terkenal di seluruh dunia, tetapi pancake Belanda atau pannenkoeken sedikit berbeda. Pannenkoeken adalah campuran dari crepes Prancis yang tipis dan pancake Amerika yang tebal. Sering disajikan di pannenkoekenhuizen atau rumah pancake, ukurannya juga sangat lebar dan bisa mencapai diameter satu kaki.

Pannenkoeken umumnya disajikan dengan kismis, apel, bacon, atau keju. Mereka terkadang disajikan hanya dengan krim, sirup gula, atau dengan gula bubuk. Wisatawan juga bisa menikmatinya saat berlayar di tur perahu De Pannenkoekenboot yang menawarkan pancake sepuasnya.
 

9. Stampot

Stampot dibuat dengan campuran kentang tumbuk dengan sayuran lainnya seperti bawang merah, kubis, selada, wortel, lobak, kangkung, atau asinan kubis serta rookworst.

Stampot disajikan dengan saus yang disebut jus dan kalian harus membuat lubang kecil di tengah kentang tumbuk dan mengisinya dengan saus, yang dikenal dalam bahasa Belanda sebagai kuiltje jus (lubang saus kecil).
 

10. Kibbeling dan Lekkerbekje

Kibbeling adalah jajanan pasar paling populer di Belanda. Ini adalah ikan yang digoreng tepung dan disajikan dengan saus tartar, atau fish and chips versi Belanda.

Sementara itu, lekkerbekje adalah bentuk dari kibbeling yang tidak dipotong-potong. Biasanya disajikan dengan patatje oorlog, yaitu kentang goreng kental dengan mayonaise.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Lagi Tren, Kenali 4 Efek Samping Diet DEBM

BERIKUTNYA

Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Fiktif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: