Pokemon Legends: Arceus (Sumber gambar: Pokemon)

Pengalaman Segar Bermain Pokemon Legends: Arceus

14 February 2022   |   11:09 WIB

Alkisah, seorang anak terlontar ke periode masa lalu tempat semuanya bermula. Bertemu dengan para pendahulu dan mengemban tugas penting yang akan memengaruhi kehidupan di masa mendatang. Di dataran Hisui, petualangan itu dimulai. 

Kira-kira begitulah premis dari cerita permainan video gim Pokemon terbaru, tak lain adalah Pokemon Legends: Arceus. Awal tahun ini, pengembang Game Freak bersama penerbit Nintendo dan The Pokemon Company menghadirkan suguhan gim Pokemon yang dalam banyak hal sangat berbeda dari seri-seri sebelumnya. Menyuguhkan pengalaman yang segar untuk para penggemar.

[Baca juga: Perbedaan Pokemon Legends Arceus dengan seri sebelumnya
 

(Dok. Pokemon)

(dok. Pokemon)


Dimulai dari latar ceritanya. Alih-alih masa sekarang, judul terbaru itu kembali ke era lampau dalam sejarah wilayah Sinnoh, yang dalam gim ini dikenal sebagai Hisui. Ketika itu, sebagian besar Pokemon masih merupakan makhluk misterius yang diteliti oleh profesor dan tim. 

Di sini, pemain akan berperan sebagai seorang karakter yang datang dari antah berantah ke dunia masa lalu itu. Bertemu dengan profesor Laventon dan dimintai tolong untuk mengumpulkan data Pokemon di berbagai wilayah sembari mencari tahu jati dirinya. 

Dalam alur ceritanya, pemain akan melakukan berbagai misi termasuk misi utama (main quest) dan sampingan (side quest) yang akan mengarah pada kemajuan cerita. Hal tersebut dilakukan untuk membuka wilayah baru untuk bertemu dengan orang dan Pokemon baru: cerita lebih lanjut. 

Pemilihan periode di masa lalu secara signifikan berkonsekuensi pada perubahan model atau pola permainan (gameplay). Jika pada kebanyakan gim Pokemon seri utama, pemain akan berpetualang dari satu kota ke kota lain untuk mengumpulkan Pokemon dan mengalahkan ketua Gym lalu mengikuti Pokemon League untuk menjadi Champion. 

Maka pada Legends Arceus, petualangan itu dilakukan di alam terbuka. Hanya ada satu desa kecil bernama Jubilife Village tempat para peneliti dan warga bernaung. Adapun alam terbuka dunia Pokemon ini dibagi atas lima bioma; ladang hijau, gunung, pantai, rawa beracun, dan tundra. 
 

(Dok. Pokemon)

(dok. Pokemon)


Pokemon Legends: Arceus dari segi gameplay secara signifikan memberikan pengalaman yang segar dan baru dibandingkan dengan waralaba sebelum-sebelumnya. Tidak ada lagi Trainer yang menghadang untuk melakukan pertarungan, alih-alih tersebar banyak Pokemon langsung di alam liar. 

Pemain bisa langsung menangkap Pokemon tersebut dengan berbagai teknik. Misalnya mengendap-endap ke bagian tak terlihat dari Pokemon, melakukan pertarungan untuk mengurangi kekuatan Pokemon liar, atau melemparkan item dan makanan, untuk kemudian melemparkan Pokeball dan mendapatkan mereka. 

Di alam terbuka, ada banyak ragam Pokemon. Selain tentunya Pokemon yang sama sekali baru dan khas dari wilayah Hisui, ada juga beberapa mekanisme anyar yang disuguhkan. Noble Pokemon misalnya yang disebut sebagai Pokemon terberkati yang punya kekuatan khusus dan cara penanganan yang tidak biasa. 

Tak hanya itu, pemain juga akan bertemu dengan banyak Pokemon Alpha, yang merupakan Pokemon dengan ukuran sangat besar dan memiliki moveset yang random. Pokemon tersebut juga perlu cara khusus untuk dikalahkan, sebelum nantinya pemain juga bisa memiliki 'Pokemon raksasa' itu.
 

(Dok. Pokemon)

(dok. Pokemon)


Lantaran berlatar waktu lampau, tidak ada PokeMart yang biasanya ditemui di tiap kota untuk membeli berbagai keperluan, termasuk Pokeball, Candy, Stone, dan item lainnya. Di gim ini, pemain perlu mengumpulkan berbagai bahan dari alam liar lalu membuat item sendiri (crafting). 

Di Jubilife Village hanya ada beberapa toko yakni toko general item, pangkas rambut dan baju untuk variasi tampilan karakter, dan toko kerajinan untuk membeli alat dan resep item tertentu. Konsep ini sedikit banyak memberikan pengalaman baru yang menarik, mengharuskan pemain melakukan eksplorasi lebih luas. Bukan hanya untuk mengumpulkan Pokemon, tapi juga bahan baku untuk berbagai keperluan. 

Beberapa hal berbeda lain dari judul terbaru dari seri-seri sebelumnya termasuk evolusi Pokemon yang dilakukan secara manual hingga menunggangi Pokemon. Fitur mengendarai bukan hal yang baru sebenarnya, tapi gim ini menetapkan pengalaman yang benar-benar berbeda.
 

(Dok. Pokemon)

(dok. Pokemon)

1
2


SEBELUMNYA

Resep Flourless Love Cake, Dessert Simpel untuk Hari Valentine

BERIKUTNYA

5 Negara Teratas yang Warganya Paling Kecanduan Smartphone 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: