Game Pokemon Legends: Arceus (dok. Pokemon Co)

Ini Dia Perbedaan Pokemon Legends: Arceus dengan Gim Seri Sebelumnya 

06 February 2022   |   18:16 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Permainan video gim Pokemon Legends: Arceus belum lama ini resmi diluncurkan. Para penggemar sudah bisa memainkan judul terbaru dari waralaba populer Pokemon ini di platform konsol Nintendo Switch.  Pokemon Legends: Arceus merupakan milestone baru bagi seri Pokemon yang hingga kini telah berusia 26 tahun.

Gim ini menghadirkan banyak unsur dan konsep yang sama sekali berbeda dengan judul-judul Pokemon sebelumnya. Hypeabis.id merangkum beberapa perbedaan yang ada pada gim Pokemon Legends: Arceus dengan seri Pokemon klasik pada umumnya seperti berikut ini: 

Eksplorasi 

Salah satu perubahan terbesar pada gim terbaru ini adalah dunianya itu sendiri. Alih-alih berpindah dari satu kota ke kota lain - seperti pada judul gim Pokemon lain - hanya ada satu kota di dalam gim terbaru ini yakni Jubilife Village. 

Di luar itu, terdapat lima bioma utama yang dapat dijelajahi yakni ladang hijau, gunung, pantan, rawa beracun, dan tundra. Tiap area memiliki koleksi Pokemon khas masing-masing, kendati tetap ada karakter umum yang beredar di banyak bioma. 

Menangkap Pokemon 

Fitur menangkap Pokemon yang ada pada gim ini juga berbeda dengan seri sebelumnya. Dalam gim Pokemon Legends: Arceus, pemain dapat mengontrol karakter utama layakanya pada gim-gim aksi petualangan tiga dimensi. 

Di dunia terbuka, Pokemon yang berkeliaran bisa ditangkap dengan variasi teknik yang telah eksis sebelumnya. Misalnya dengan memberi makanan, kemudian melemparkan Poke Ball ke arah mereka dengan bidikan yang dapat dikontrol. 

Melawan Pokemon 

Dalam gim ini, pemain bisa mengeluarkan Pokemon mereka untuk melawan Pokemon liar yang ada di alam terbuka. Nantinya, mereka akan masuk ke dalam konsep pertempuran berbasis giliran (turn based battle). 

Akan tetapi, ada inovasi yang dihadirkan dalam gim yakni konsep kecepatan Pokemon yang memungkinkannya menyerang dua kali secara berturut-turut. Penguasaan gerakan (move) khusus pada Pokemon juga memungkinkan pola serangan yang berbeda. 

Menunggangi Pokemon 

Fitur menunggangi Pokemon bukan hal yang benar-benar baru dalam waralaba gim Pokemon. Akan tetapi, Legends: Arceus menetapkan standar baru yang sangat signifikan mengenai fitur yang berguna untuk eksplorasi ini. 

Pokemon yang bisa ditunggangi untuk saat ini adalah Wyrdreer sebagai transportasi darat yang bisa berlari dan melompat, Basculegion sebagai transportasi air yang bisa menembus ombak, dan Hisuian Braviary sebagai tunggangan terbang. 

Evolusi 

Evolusi Pokemon adalah fitur yang telah muncul sejak gim populer tersebut diperkenalkan. Akan tetapi, dalam Legends: Arceus, evolusinya tidak secara otomatis terjadi hanya karena Pokemon sudah mencapai level tertentu. 

Mereka perlu masuk ke menu Pokemon dan memilih Pokemon apa yang akan dievolusikan ketika sudah mencapai level tertentu. Ini sangat berguna untuk pengguna yang ingin mempertahankan Pokemon-nya di bentuk awal atau tertentu.
 
Move Pokemon 

Move atau bentuk serangan Pokemon pada gim-gim sebelumnya selalu menempatkan pengguna pada pilihan untuk menghapus satu di antaranya ketika mereka mencapai level Pokemon tertentu dan mendapatkan move yang baru. 

Akan tetapi, gim anyar ini menawarkan alternatif dengan menempatkan move yang ada sebelumnya di daftar cadangan. Jadi pengguna bisa menukar sejumlah move yang dimiliki dengan maksimal empat move dalam satu Pokemon di waktu yang sama. 

Pertarungan Bos 

Salah satu poin yang juga berbeda secara signifikan dari judul sebelumnya adalah ketiadaan Gym atau arena pertarungan, karena memang dunianya hanya memiliki satu kota. Sebagai gantinya, ada semacam bos yang disebut Noble Pokemon yang bisa dilawan. 

Lantaran bersifat open world, mekanisme pertempurannya juga sedikit berbeda. Pemain perlu membidik dan melempar makanan atau aroma sembari menghindari serangan. Pada saat tertentu, Noble Pokemon akan kehabisan tenaga dan itu lah saat pemain bisa melawannya dengan Pokemon yang dimiliki. 



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

20 Smartphone Paling Dinantikan pada 2022, Ada Google Pixel Fold!

BERIKUTNYA

6 Hidden Gem Kafe Outdoor di Jakarta Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: