Ilustrasi kue cokelat (Dok. Freepik)

Resep Flourless Love Cake, Dessert Simpel untuk Hari Valentine

14 February 2022   |   06:51 WIB

Makan malam romantis kerap menjadi cara yang dilakukan banyak orang untuk merayakan Hari Valentine. Namun, di tengah tingginya kasus Covid-19 Omicron di Tanah Air, tampaknya kalian harus mengurungkan niatmu untuk dinner bersama pasangan di tempat makan seperti restoran atau kafe.

Sebagai alternatif, Genhype bisa membuat fine dining versimu sendiri di rumah untuk dinikmati bersama pasanganmu untuk merayakan Valentine. Kepada Hypeabis.id, Chef Chepi Aulia memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kalian yang ingin menciptakan nuansa fine dining di rumah.

Pertama, kalian perlu menyiapkan piring, gelas dan alat makan terbaik agar makanan terlihat cantik saat proses plating. Kedua, tata meja dengan taplak putih atau merah lalu beri hiasan bunga dengan vas kecil di tengah. Ketiga, atur lampu ruangan menjadi tidak terlalu terang dan beri ornamen lilin di atas meja makan agar suasan menjadi romantis.

Keempat, siapkan minuman seperti wine. Jika tidak ada, bisa menggunakan minuman bersoda. Kelima, siapkan hidangan menjadi tiga sesi makan yakni makanan pembuka (snack), makanan utama (main course) dan makanan penutup (dessert). Keenam, jangan lupa gunakan pakaian terbaik agar kamu dan pasangan terlihat berbeda dan menarik.

Baca jugaYuk Cobain Resep Tiramisu Cake yang Gurih & Creamy

“Usahakan temukan lokasi terbaik di rumah. Pilih view paling bagus seperti di balkon atau teras rumah. Apabila tidak memungkinkan, di ruang dapur juga tidak masalah,” kata Chef Chepi, Minggu (13/2/2022).

Untuk mempermanis dekorasi, kalian juga bisa menambahkan instrumen seperti papan tulis kecil kapur yang bertuliskan kalimat romantis seperti “Happy Valentine My Love” yang bisa ditempel di dinding. “Kalau kamu ingin selfie dengan pasangan,  supaya terlihat tematik,”  imbuh Chef Chepi.

Baca juga5 Ide Romantis Rayakan Hari Valentine di Rumah

Ilustrasi (Dok. Freepik)

Ilustrasi (Dok. Freepik)

Salah satu hidangan yang identik dengan Hari Valentine adalah dessert. Kali ini, Chef Chepi juga memberikan satu resep dessert yang bisa menjadi ide sajian untuk merayakan hari kasih sayang seperti berikut ini.

Resep Flourless Love Cake (Cake cokelat tanpa tepung)


Bahan A

5 butir putih telur
2 sdm gula pasir


Bahan B

225 gram cokelat blok (dark chocolate )
120 gram mentega 
5 butir kuning telur
2 sdm gula pasir
2 sdm cocoa powder
1/2 sdt garam


Cara membuat

1.Bahan A : 
Siapkan mixer, kocok putih telur dan gula sampai mengembang lalu sisihkan. Adonan ini disebut “meringue” dalam bahasa Prancis.

2.Bahan B :
Lelehkan mentega dan cokelat block kemudian beri garam aduk sebentar dan sisihkan.
Siapkan mixer lalu kocok kuning telur dan gula sampai mengembang. Setelah itu, campur dengan lelehan cokelat dan mentega yang tadi.

3. Campur adonan bahan A & bahan B sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata, siapkan cetakan berbentuk love dan oleskan dengan mentega agar kue tidak lengket dan menempel.  Setelah itu, tuang adonan.

4. Siapkan oven lalu panggang dengan set suhu 150 derajat celcius selama 30 menit.

5. Setelah matang, keluarkan dari cetakan dan ditaburi dengan dengan gula halus atau choc meses warna warni.

Baca jugaCara Membuat Chocolate Cake yang Enak dari Chocolatier

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Ingin Tingkatkan Engagement di Media Sosial? Begini Tipsnya 

BERIKUTNYA

Pengalaman Segar Bermain Pokemon Legends: Arceus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: