Ilustrasi (Dok. Amina Filkins/Pexels)

5 Alasan Pentingnya Analisis sebelum Memulai Bisnis

05 February 2022   |   21:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Mampu bersaing dengan pengusaha lain

Ketika kamu sebagai pengusaha sudah melakukan analisis peluang usaha, maka tinggi kemungkinan untuk bisa bertahan dalam industri yang digeluti. Di samping itu, kamu pun berpeluang besar bisa bersaing dengan pengusaha lain, termasuk juga bersaing dengan pengusaha yang menjalankan bisnis di bidang sama dengan yang kamu jalani. 

Hal ini amat mungkin terjadi, sebab sedari awal kamu sudah punya gambaran seperti apa nantinya menjalankan usaha ini. Dengan analisis peluang usaha, kamu tidak hanya mampu mencari konsumen, tapi juga mampu mempertahankan usaha yang sudah dimulai.

Dengan kata lain, kamu sudah tahu bagaimana pengusaha lain menjalankan usaha mereka sehingga kamu akan mencari cara agar bisa bertahan.
 

5. Memaksimalkan keuntungan usaha 

Ketika kamu sudah menguasai bidang usaha yang akan ditekuni, alhasil peluang untuk untung pun akan lebih besar. Dengan kata lain, kamu sudah paham tentang produk apa yang akan dijual, siapa calon pembelinya, siapa saja pesaingnya, apa saja hambatan yang akan dihadapi dan sebagainya.

Kalau kamu sudah memahami semuanya, maka peluang mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis yang kamu tekuni akan lebih besar. Sebaliknya, jika kamu tidak melakukan analisis peluang usaha sedari awal, maka kamu tidak memiliki persiapan bersaing di bidang yang akan ditekuni. 

Alhasil, kamu akan asal menjual produk tanpa tahu apakah itu akan laku atau tidak. Kamu juga tidak tahu bagaimana persaingan pada bisnis yang akan dijalani. Hal-hal itulah yang kemudian bisa menyebabkan usaha yang baru dirintis mengalami kerugian. 

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Film Kukira Kau Rumah Angkat Isu Bipolar

BERIKUTNYA

Daun Jatuh Rilis Single Baru sebagai Ungkapan Kerinduan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: