Ilustrasi (Dok. Amina Filkins/Pexels)

5 Alasan Pentingnya Analisis sebelum Memulai Bisnis

05 February 2022   |   21:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merintis sebuah usaha tentunya memerlukan perencanaan matang. Terlebih jika kamu pengusaha pemula yang baru akan terjun ke dunia bisnis, merencanakan segalanya dengan matang sangat penting untuk memastikan kelangsungan usaha ke depannya.

Salah satu hal yang termasuk dalam perencanaan ini adalah proses menganalisis peluang usaha. Analisis peluang secara tidak langsung dapat membantu kamu dalam melihat prospek sebuah usaha.

Bagi kamu calon entrepreneur, yuk simak 5 manfaat dalam melakukan analisis peluang usaha menurut Go Biz berikut ini.
 

1. Memudahkan mendapatkan pelanggan

Salah satu manfaat menganalisis peluang usaha adalah membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan. Pasalnya, untuk bisa menggaet banyak pelanggan, kamu perlu menganalisis produk jualan apa yang kiranya dicari atau dibutuhkan oleh masyarakat.

Semakin produk itu dibutuhkan oleh masyarakat, maka tingkat permintaannya pun akan semakin tinggi. Misalnya kamu ingin berjualan makanan, cobalah analisis jenis makanan apa yang akan laku dibeli banyak orang. Selain itu, pertimbangkan juga dari sisi lokasi tempat usaha kamu.

Jika produk yang kamu tawarkan sesuai dengan lokasi usaha, maka itu akan memudahkan kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan.
 

2. Ketahui produk yang sudah banyak dijual

Menganalisis peluang usaha juga bertujuan untuk mengetahui produk yang sudah banyak dijual, sehingga kamu tidak akan menjual barang yang sama. Misalnya, usaha kuliner sekarang ini sudah sangat banyak. Orang yang menjual nasi pun sudah ada di setiap sudut jalan.

Namun, dari itu semua, pastinya ada jenis makanan yang masih jarang dijual. Ambillah kesempatan itu untuk memulai usaha kulinermu. Buatlah sebuah produk makanan unik yang belum banyak dijual orang.

Atau kamu juga bisa memodifikasi makanan yang sudah umum dijual sehingga tampilan atau rasanya jadi berbeda. Selain itu, kamu pun bisa mengubah kemasan produk makanan sehingga jadi lebih menarik. Dengan begitu, orang akan penasaran dan membeli produk yang kamu jual. 
 

Ilustrasi (Dok. Kampus Production/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Kampus Production/Pexels)


3. Menekan berbagai risiko

Risiko dalam dunia bisnis itu tidak bisa dihindari. Namun, kamu bisa meminimalisirnya dengan analisis peluang usaha yang dilakukan sejak awal. Ya, manfaat dari menganalisis peluang usaha sejak awal adalah memindai risiko bisnis yang kemungkinan akan terjadi. Entah itu di awal atau selama menjalankan bisnis nantinya. 

Jika sedari awal kamu sudah memetakan kemungkinan risiko, maka setidaknya sudah ada persiapan untuk antisipasi. Di samping itu, ketika kamu sudah melihat adanya kemungkinan risiko muncul, maka kamu juga dapat menyusun rencana untuk mengatasinya. Dengan begitu, kegagalan besar bisa ditekan karena kamu sudah dapat membaca situasi dan kondisi.
 
1
2


SEBELUMNYA

Film Kukira Kau Rumah Angkat Isu Bipolar

BERIKUTNYA

Daun Jatuh Rilis Single Baru sebagai Ungkapan Kerinduan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: