Grebeg Sudiro di Solo (Dok. Laman resmi Indonesia Travel)

10 Tradisi Unik Perayaan Imlek di Indonesia

01 February 2022   |   10:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Pasar Imlek Semawis (Semarang)

Setiap Imlek, di Semarang terdapat Pasar Malam Imlek dan berbagai pentas seni khas Tionghoa yang akan memeriahkan suasana perayaan tersebut. 

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan jajanan dan kerajinan tangan khas Imlek, serta melihat pertunjukkan atraksi barongsai, Wayang Potehi, dan pentas kebudayaan Tionghoa. Ada juga makanan akulturasi dari budaya Semarang dan Tionghoa yang patut kamu coba di Pasar Imlek Semawis seperti lumpia Cap Go Meh, brokoli siram jamur, nasi Hainan, dan kue basahan.
 

7. Grebeg Sudiro (Solo)

Perayaan Imlek juga meriah di Solo dengan tradisi Grebeg Sudiro. Tradisi ini merupakan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Kamu akan menyaksikan tokoh wayang, Liong, dan barongsai beriringan untuk kirab budaya. Di acara Grebeg Sudiro juga ada kegiatan bagi-bagi ribuan kue keranjang di akhir acara.
 

8. Pekan Budaya Tionghoa (Yogyakarta)

Setiap satu tahun sekali, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta adalah salah satu perayaan yang paling dinantikan. Di setiap gang “Pecinan” yang ada di Kendanan Malioboro akan berubah menjadi seperti suasana pasar malam di China. Di sini kamu bisa merasakan suasana dari negeri tirai bambu yang sebenarnya.

Pekan Budaya Tionghoa biasanya  menyajikan acara kesenian, festival kuliner, dan pertunjukkan rumah budaya Tionghoa Ketandan dengan akulturasi budaya Jawa. Acara ini pun sudah berlangsung sejak lama dan telah menjadi tradisi setiap tahunnya.
 

9. Merayakan Imlek di Tengah Sungai (Sungai Musi)

Di Palembang, perayaan Imlek hingga Cap Go Meh biasanya digelar di Pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah Sungai Musi ini akan menyelenggarakan berbagai acara kesenian khas Imlek seperti barongsai, wayang orang khas Cina, dan kesenian tradisional lainnya. Kamu akan melihat banyak lampion saat sampai Pulau Kemaro.
 

10. Festival Imlek (Medan)

Banyak warga Tionghoa yang tinggal di Medan. Tentu saat Imlek, kota Medan menjadi salah satu dengan perayaan yang meriah. Imlek Fair dilakukan setiap tahunnya dengan beragam atraksi.

Di Imlek Fair,  kamu akan disuguhkan atraksi barongsai hingga pesta kembang api. Untuk soal makanan, di Imlek Fair ini akan ada banyak yang jual makanan, aksesoris, pameran, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa wisata ke Maha Vihara Maitreya yang merupakan salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara.

Namun demikian, suasana pandemi Covid-19 masih belum memungkikan dilaksanakannya sejumlah agenda tahunan Imlek tersebut, demi mencegah terjadinya kerumunan.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Google Ikut Meriahkan Imlek dengan Doodle Menarik

BERIKUTNYA

Rihanna Umumkan Hamil Anak Pertama dari A$AP Rocky

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: