Ilustrasi tembok rumah (Dok. Liana Mikah/Unsplash)

5 Bahan Dapur Ini Efektif Membersihkan Lumut & Jamur di Tembok

19 January 2022   |   12:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tingkat kelembapan udara yang tinggi di rumah apalagi saat musim hujan seperti ini, membuat kemungkinan menjamirnya lumut tak dapat dihindari. Tak hanya merusak keindahan tembok rumah, lumut juga bisa merusak dinding rumah jika dibiarkan menahun dan tidak dibersihkan.

Untuk itu, kamu perlu tahu cara untuk menghilangkan lumut di rumah agar tidak menyebabkan dinding menjadi licin serta kotor. Cara untuk menghilangkan lumut yang tumbuh di sudut-sudut rumah tidak sulit asalkan kamu melakukannya dengan benar.

Tak perlu menggunakan bahan yang sulit, berikut adalah beberapa bahan yang ada di rumah yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut di tembok, melansir dari Garda Home, Rabu (19/1/2022).
 

1. Air garam

Selain digunakan untuk memberi rasa lezat pada makanan, garam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan terjangkau untuk menghilangkan lumut yang menempel di dinding.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan 3 sdm garam dapur kasar dengan 2 liter air panas lalu aduk. Siram larutan garam ke arah permukaan dinding yang berlumut lalu sikat hingga lumut hilang. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara beberapa kali.

2. Cuka putih

Cuka putih juga merupakan bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan lumut di tembok luar rumah, tembok kamar mandi, hingga bagian lantainya. Kamu hanya perlu menyiramkan cuka putih yang ada ke bagian dinding berlumut lalu sikat dan bilas hingga bersih.

Meski begitu, kamu juga perlu berhati-hati dalam menggunakan cuka putih. Sama seperti baking soda, cuka putih juga bisa membuat dinding menjadi rusak jika larutannya dibiarkan terlalu lama menempel di tembok. Oleh karena itu, kamu harus menggunakannya dengan cepat agar tidak terlalu lama menempel di tembok.
??????

Ilustrasi (Dok. Caroline Feelgood/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Caroline Feelgood/Unsplash)

(Baca juga: 6 Kesalahan Dekorasi yang Bikin Rumah Tampak Berantakan)


3. Baking Soda

Kandungan asamnya yang cukup tinggi, membuat baking soda kerap digunakan sebagai bahan pembersih tak terkecuali untuk menghilangkan lumut pada tembok. Kamu hanya perlu menyiapkan larutan baking soda kemudian siram ke arah dinding yang berlumut sambil terus digosok. 

Meski begitu, cara satu ini terbilang cukup riskan. Pasalnya, tidak semua dinding bisa tahan terhadap asam sehingga membuat terkelupas. Jika ingin menggunakan cara ini, kamu harus melakukannya secara cepat. Jika didiamkan terlebih dahulu, bukan tidak mungkin kandungan asam pada baking soda bisa merusak dinding.
 
1
2


SEBELUMNYA

The Harder They Fall Menangkan Penghargaan Tertinggi di AAFCA

BERIKUTNYA

Sempat Ditunda, Grammy Awards 2022 Akan Digelar 3 April di Las Vegas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: