Ilustrasi pekerjaan proyek di rumah. (Dok. James Kovin dari Unsplash)

Enggak Perlu Jasa Tukang, 5 Hal ini Bisa Kalian Kerjakan Sendiri

06 July 2021   |   19:35 WIB

Kita seringkali memanggil jasa tukang ketika hendak mereparasi atau memperbaiki rumah. Akan tetapi, layanan perawatan atau reparasi yang mungkin terlihat simpel bisa memakan biaya yang besar. Padahal ada beberapa hal yang bisa kalian kerjakan sendiri. 

Karena itulah, Genhype coba mulai melakukan lima proyek rumah sendiri terlebih dahulu sebelum memanggil ahlinya. Simak yuk!

1. Wastafel mampet
Wastafel yang mampet seringkali menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai Genhype di rumah. Baik di wastafel dapur maupun kamar mandi, pipa di dalamnya bisa mampet dengan berbagai alasan. Tapi, melakukan reparasi untuk masalah ini bisa dilakukan sendiri lho!

Biasanya masalah mampetnya wastafel terjadi di bagian bawah sebelum pipa pembuangan yang bisa diakses dengan mudah. Caranya cukup hentikan penggunaan wastafel sementara waktu dan biarkan air mengalir pelan-pelan. Lalu, bersihkan daerah di sekitar pipa dan mulai buka pipa yang terletak persis di bawah wastafel.

Berikutnya, gunakan sarung tangan dan pakai sesuatu yang berbentuk stik besi untuk membersihkan kotoran, rambut, debu, dan lainnya yang menghambat pipa. Setelah itu, pasang kembali pipa dan tuang pemutih pelan-pelan di dalam saluran pembuangan dan biarkan selama 20 menit untuk mengurangi sumbatan dalam pipa.

2. Perakitan furnitur
 

Ilustrasi perakitan furnitur. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ilustrasi perakitan furnitur. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Beberapa toko furnitur mengirimkan barangnya dalam bentuk terpisah yang terdiri dari beberapa rangka, sekrup, dan buku panduan. Akan tetapi, merakit furnitur yang semula terpisah menjadi satu kesatuan furnitur utuh bisa dilakukan bersama-sama dengan teman atau pasangan sehingga bisa menekan biaya jasa perakitan dari toko.

 
1
2


SEBELUMNYA

Bikin Ngiler, Coba Resep Laksa Singapura Ini Deh

BERIKUTNYA

Habis Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19? Jangan Panik dan Lakukan Ini ya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: