Ilustrasi ubin (Pixabay/Pexels)

5 Jenis Ubin untuk Lantai, Mana Pilihan Kalian?

18 January 2022   |   19:54 WIB

Belakangan ini, pemilik rumah senang mengintegrasikan estetika ke dalam segala hal di rumah, termasuk lantai. Saat mencari jenis lantai yang sesuai, ubin menawarkan keindahan, fungsionalitas, dan daya tahan yang tahan lama serta memiliki keunggulan besar dibandingkan alternatif lantai lainnya.

Setelah dipasang, ubin mudah dibersihkan, memiliki masa pakai lebih lama daripada jenis lantai lainnya, dan tidak memerlukan perawatan profesional tambahan. 

Kini ubin lantai tidak lagi terbatas pada area basah seperti kamar mandi atau dapur kotor. Orang-orang juga mengintegrasikan ubin ke sebagian besar ruangan lain di rumah mereka.

[Baca juga: Bukan Cuma Asal Pasang Keramik, Ini 6 Tips Memilih Ubin Dapur]

Namun, ketika ingin membeli ubin khusus untuk lantai, pastikan kalian tidak mendapatkan ubin yang seharusnya ada di dinding.

Berikut adalah daftar jenis ubin lantai paling populer ditemukan.
 

1. Ubin Keramik

Ubin keramik adalah salah satu ubin yang paling umum digunakan yang dibuat dari bahan tanah liat. Daya tahan keramik memungkinkan ubin jenis ini tahan tekanan konstan (area lalu lalang) selama bertahun-tahun. Selain itu, ubin keramik memiliki berbagai macam desain warna dan corak. 

Namun, ubin keramik tidak boleh dipasang di luar ruangan karena tidak dapat mengatasi panas atau dingin yang ekstrim dengan baik. Selain itu, ubin keramik memiliki kecenderungan untuk menyerap air.
 

2. Ubin Marmer

Jika prioritas kalian adalah menambahkan nilai estetika dan keanggunan ke rumah, ubin marmer adalah pilihan yang ideal. Ubin ini dibuat dari batu marmer alam yang sangat tahan lama. Namun, ubin marmer rentan terhadap noda dan tumpahan karena sifatnya yang berporos. Oleh karena itu, ubin marmer jarang digunakan di luar ruangan. Tetapi kalian bisa menggunakan sealer permukaan yang sesuai sebelum pemasangan guna menurunkan porositasnya. Selain itu, ubin marmer adalah pilihan yang mahal.
 

3. Ubin Granit

Jika kalian ingin memasang ubin di area dengan lalu lintas pejalan kaki yang padat, ubin granit adalah pilihan terbaik. Ubin ini terbuat dari batuan beku padat dan keras, granit. Mineral berbintik dan urat unik batuan ini tidak hanya membedakannya dari bahan lain, tetapi kombinasi keduanya juga berarti bahwa tidak ada dua permukaan granit yang sama.

Bahan alami dan tahan lama yang digunakan membantu menghasilkan permukaan tahan gores. Selain tahan terhadap asam, ubin granit memiliki bentuk yang ringan dan kecil, membuatnya mudah digunakan.
 

4. Ubin Batu Tulis (Slate)

Slate, diperoleh dari deposit mineral alami, adalah salah satu bahan paling populer yang digunakan pada lantai. Slate membantu menghasilkan ubin yang sangat tahan lama dan menginduksi keindahan alam untuk memberikan tampilan cantik ke lantai. Bahannya berpotensi menjaga ruangan tetap hangat serta anti-licin.
 

5. Ubin Terrazzo

Ubin teraso terdiri dari beberapa jenis bahan lain yang terutama mencakup marmer, granit, kuarsa, dan kaca. Proses preparasi meliputi curing, grounding, dan polishing. Permukaan yang dihasilkan tahan lama, halus, mengkilat, dan menarik, sehingga ideal untuk bangunan umum. Namun, ubin jenis ini bukan jenis  terbaik untuk lantai rumah karena sifatnya yang licin.



Editor: Gita
SEBELUMNYA

Netflix Umumkan Rincian Awal untuk Serial Korea Adaptasi Money Heist

BERIKUTNYA

Kenali Kepribadian Seseorang dari Warna Pakaian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: