Ilustrasi hukum. (Sumber gambar: Tingey Injury Law Firm/Unsplash)

5 Prospek Karier untuk Sarjana Fakultas Hukum

21 March 2022   |   16:01 WIB

Selama ini, sarjana hukum selalu identik dengan masa depan berprofesi sebagai pengacara, hakim, atau jaksa. Pola pikir ini tentu menciptakan batas yang tidak terlihat dan menahan ruang gerak sarjana. Genhype tahu tidak? Prospek karier untuk sarjana hukum ternyata tersebar luas di berbagai bidang dan sektor industri, lho.

Belajar di fakultas hukum mengajarkan kita sejumlah keterampilan penting yang dibutuhkan di dunia kerja. Kita diajak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, meneliti, berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan menyaring informasi yang besar dan kompleks menjadi informasi yang ringkas.

Dengan bidang yang bervariasi di berbagai sektor industri, mulai dari pendidikan, sektor legal, hingga diplomasi dan bisnis, yuk intip lima prospek pekerjaan yang enggak kalah menarik bagi sarjana hukum.


1. Staf legal

Posisi staf legal merupakan salah satu lowongan yang banyak dicari berbagai jenis perusahaan dan umumnya menyasar pada kandidat dari sarjana hukum. 

Dikutip dari buku Legal Officer: Panduan Mengelola Perizinan, Dokumen, HaKI, Ketenagakerjaan dan Masalah Hukum di Perusahaan milik Jimmy Jose Sembiring, staf legal di perusahaan akan bekerja pada urusan hukum di tingkat internal dan eksternal, mulai dari mengurus dokumen perizinan hukum hingga permasalahan hukum perdata dan pidana.
 

2. Staf HRD

Meski departemen HRD atau SDM umumnya diisi oleh mereka yang merupakan sarjana psikologi atau manajemen sumber daya manusia, sarjana hukum ternyata bisa bekerja di bidang ini. Biasanya, sarjana hukum yang bekerja di departemen ini akan bekerja untuk mencari karyawan baru, meninjau dokumen ketenagakerjaan dan aturan perusahaan, dan prosedur di lingkungan pekerjaan.

Dikutip dari Criminal Justice, kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik dibutuhkan dalam posisi ini selain pemahaman terhadap ketentuan hukum yang dibutuhkan dalam perusahaan.
 

3. Pengusaha

Meski pekerjaan ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa memandang jurusan yang diambil saat kuliah, sarjana hukum yang berencana untuk membangun usahanya sendiri akan dipermudah dalam segi pemahaman terhadap ketentuan hukum yang harus dilewati dalam membangun sebuah badan usaha. Akan tetapi, untuk menjadi pengusaha kita membutuhkan berbagai kemampuan lain seperti manajemen keuangan dan pengetahuan tentang bisnis yang akan dirintis.
 

4. Lobbyist

Menjadi seorang pelobi atau lobbyist juga bisa jadi peluang bagi sarjana hukum, sebab profesi ini umumnya diincar oleh kelompok masyarakat, organisasi nonprofit, hingga firma hubungan masyarakat. Sejana hukum yang bekerja di bidang ini bisa membantu dalam aspek hukum dan lobi kepada pembuat kebijakan dan harus memiliki pengetahuan akan berbagai isu dan kemampuan komunikasi yang baik.
 

5. Dosen dan guru

Pengajar, baik sebagai guru maupun dosen, ternyata juga bisa jadi lapangan pekerjaan yang menarik. Bagi Sarjana hukum yang ingin terjun di bidang akademik atau pendidikan, dua profesi ini bisa dicoba meski ada beberapa kualifikasi yang dimiliki seperti adanya gelar sarjana pendidikan untuk guru atau minimum gelar S2 untuk menjadi dosen. Alternatifnya, Genhype bisa jadi pengajar di sekolah swasta atau sekolah informal.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Hendra Gunawan, Seniman Bernyali Perang

BERIKUTNYA

Ternyata Ini yang Dilihat Mark Zuckerberg Saat Mempekerjakan Orang 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: