Ilustrasi pekerja kantoran (Sumber gambar - Unsplash - Hunters Race)

5 Langkah Membangun Karier yang Lebih Gemilang

31 August 2022   |   20:30 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Semua orang tentunya ingin memiliki karier cemerlang dan menorehkan prestasi prima dalam pekerjaannya. Seluruh hal tersebut bisa kalian gapai, asalkan tahu bagaimana cara mendapatkannya. Tentu, cara-cara yang dijalankan tidak merugikan orang lain. 

Untuk memperbaiki prospek karier kalian, ada beberapa trik evaluasi diri yang bisa dilakukan. Bila dilakukan dengan benar, cara-cara ini akan membuat karier kalian akan lebih mulus. Seperti apa? Yuk simak tipnya dari Jobstreet seperti dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend edisi 15 Januari 2017. 

Baca juga: Ini Tip Sukses Berkarier di Perusahaan Startup
 

1. Cek Ulang Karier Kalian

Kajilah ulang karier kalian pada tahun sebelumnya. Hal ini penting. Sering kali kalian terlalu larut dalam kesibukan sehingga sulit mendapatkan kesempatan untuk meninjau kembali posisi kita saat ini dan perkembangan karier kita. 

Sangat disarankan agar kalian mengambil cuti sejenak dan pergi ke suatu tempat di mana kalian bisa bersantai sambil menyusun pemikiran-pemikiran, serta mengevaluasi karier kalian selama ini secara jujur. 

Petakanlah, apakah selama ini Anda sudah menuju ke arah yang tepat? Atau, apakah Anda justru mengambil jalan yang salah? Jika Anda mengambil jalan yang salah, pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Catatlah pemikiran-pemikiran tersebut pada buku catatan, lengkap dengan rencana-rencana dan langkah-langkah selanjutnya, sehingga Anda bisa meninjaunya kembali pada tahun-tahun berikutnya. 
 

2. Update Resume & Portofolio

Perbaruilah resume dan portofolio kalian. Langkah tersebut memang menyita waktu, tetapi memperbarui resume sangat penting dilakukan meskipun Anda sedang tidak mencari pekerjaan baru. Kalian tidak akan pernah tahu siapa yang akan ‘mencari’ kalian dan kapan.

Oleh karenanya, lebih baik kalian tetap membuka kesempatan. Pastikan resume dan portofolio kalian di dunia maya adalah yang terbaru dalam jaringan karier yang relevan.
 

3. Buka Jejaring Baru

Perluaslah jaringan profesional Anda. Hal ini penting, sebab kalian akan lebih mudah diingat karena kedekatan personal. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang lebih memilih mempekerjakan seseorang berdasarkan rekomendasi internal. 

Mempunyai kenalan profesional yang luas selalu menjadi hal yang berguna. Kalian akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk masuk ke tahap wawancara jika punya jejaring, dibandingkan dengan seseorang yang tidak kenal siapapun di perusahaan tersebut.
 

 4. Belajar Keterampilan Baru

Tambahkanlah keterampilan atau kualifikasi baru. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti kursus atau mempelajari keterampilan baru. Dengan demikian, kalian pun terpacu untuk meningkatkan kreativitas. Hal ini adalah kesempatan yang menguntungkan, khususnya jika kalian bermaksud mendapatkan promosi atau mencari karier yang lebih baik.

Baca juga: 5 Persiapan Keuangan Sebelum Kalian Resign
 

5. Atasi Rasa Takut

Sebaiknya kalian menantang diri sendiri untuk melangkah keluar dari zona nyaman. Selesaikan rasa takut, seperti berbicara di depan umum, memimpin rapat, melakukan presentasi, dan lainnya yang bisa menghalangi kemajuan karier. Kalian harus melakukannya satu kali saja untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kalian bisa melakukannya. Sehingga, kali kedua dan seterusnya akan menjadi lebih mudah.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Lemon Meringue Pie, Dessert Manis Bikin Nagih

BERIKUTNYA

Simak Indikator yang Menentukan Harga Jual Karya Seni Bernilai Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: