dok. Camile Beauty

Bermodal Rp10 Juta, Nadya Jual Ribuan Skincare per Bulan

07 January 2022   |   16:31 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perawatan kulit saat ini menjadi salah satu produk yang tengah naik daun dan banyak diminati oleh banyak orang. Tak heran bila makin banyak bermunculan brand skincare, salah satunya Camile Beauty yang didirikan oleh Nadya Shavira sejak 2018 lalu.

Mulanya, Nadya yang saat itu baru berusia 18 tahun berkeinginan mencari penghasilan sendiri sehingga dia pun memutuskan menjadi reseller dari sebuah perusahaan masker organik.

Hingga akhirnya dia sukses mengembangkan brand sendiri, bahkan menjadi brand skincare dengan penjualan masker wajah tertinggi di Shopee dan Tokopedia pada periode Agustus-September 2021 dengan pangsa pasar sebesar 11,9%.

Lantas, seperti apa perjalanan wirausahawan muda berusia 21 tahun ini dalam mengembangkan bisnisnya?
 

1. Mulai dengan Modal Rp10 juta


Tingginya minat masyarakat akan produk perawatan wajah terutama masker, mendorong Nadya mencoba membuat sendiri formula masker yang cocok dengan kondisi kulitnya yang rentan berjerawat, seperti umumnya kulit-kulit para remaja.

Dengan modal awal sebesar Rp10 juta, dan dibantu sang ibu yang merupakan seorang apoteker, mereka meramu masker menggunakan bahan-bahan seperti hyaluronic acids dan allantoin yang terkenal ampuh menghidrasi kulit, menenangkan jerawat yang meradang, dan mengurangi kemerahan pada wajah.

Ditambahkan dengan ekstrak buah-buahan yang memiliki aroma segar dan kandungan yang berkhasiat bagi kulit, strawberry dan lemon menjadi varian pertama masker buatan Nadya dan ibunya yang lalu diberi nama Maskyourneeds.

[Baca juga:Berawal Jadi Reseller, Perempuan Muda Ini Sukses Berbisnis Masker Organik]
 

2. Mampu Jual Ratusan Produk Perhari


Dalam waktu singkat, masker buatan Nadya dicari-cari banyak orang karena terbukti dapat mengurangi jerawat dan menyamarkan bekasnya. Semua proses produksi, penjualan, pemasaran, dan pengantaran dilakukan oleh Nadya dibantu ibunya.

Penjualan kemudian merangkak naik, mulai dari puluhan per minggu, hingga ratusan per hari. Perlahan Nadya mulai menambahkan jenis lain dari masker organiknya hingga kini memiliki 6 varian; strawberry, lemon, green tea, chocolate, milk, dan coffee.

Menyasar pembeli berusia remaja mulai dari 13 tahun, masker organik Camille Beauty memiliki berbagai macam manfaat tersendiri sehingga customer dapat menyesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit mereka.

[Baca juga: Bukan Produk Korea, Skincare Lokal Justru Paling Banyak Dicari Selama Ini]
 

3. Mengurus Legalitas


Pada tahun 2020, Nadya mengubah nama mereknya menjadi Camille Beauty, sekaligus mendaftarkan semua produk buatannya ke BPOM dan berhasil melewati uji coba dan mendapatkan sertifikat BPOM.

Sertifikasi BPOM semakin memupuk kepercayaan pecinta skincare terhadap Camille Beauty sehingga brand ini semakin pesat berkembang dan terus diburu para pembeli berkat maskernya yang membantu ratusan remaja memerangi berbagai masalah wajah akibat perubahan hormonal.
 

4. Memaksimalkan Jejaring Sosial


Selain memiliki produk kecantikan yang mendapatkan review positif oleh pelanggannya, kesuksesan Nadya juga didukung oleh jejaring sosial TikTok melalui engagement Nadya dengan para followers-nya.

Konten yang diunggah oleh Nadya tidak hanya tentang produk, namun juga suka duka Nadya dalam membangun bisnisnya, sehingga menjadi inspirasi tersendiri bagi para pengikutnya yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah dan kuliah.

Saat ini akun Instagram resmi Camille Beauty (@camille.beauty) diikuti oleh 627.000 followers, kanal YouTube Camille Beauty by Nadshavv memiliki lebih dari 14.500 subscribers, dan TikTok Nadya (@ndshvv) diikuti oleh lebih dari 900 ribu followers serta hashtag #camillebeauty yang telah mencapai lebih dari 89 juta views di TikTok.
 

5. Kini Mampu Jual Jutaan Unit Perbulan


Pemanfaatan jejaring sosial yang dilakukan oleh Nadya agar lebih dekat dengan para pelanggannya secara tidak langsung membuahkan engagement tinggi yang berkontribusi langsung pada kesuksesan Camille Beauty.

Nadya mengaku sempat kewalahan menghadapi tingginya permintaan pasar akan maskernya yang selalu sold-out dalam hitungan hari hingga sempat viral di TikTok. Kini Camille Beauty memiliki lebih dari 60 karyawan dengan penjualan hingga ribuan unit per bulannya.



Editor: Gita

 

SEBELUMNYA

Pengecualian Vaksin COVID-19 Ditolak, Novak Djokovic Gagal Bertanding di Australian Open

BERIKUTNYA

Kamera Sony A7 IV Resmi Masuk Indonesia, Cek Harga & Keunggulannya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: