Ilustrasi produk skin care (dok: Unsplash/Camille Brodard)

Bukan Produk Korea, Skincare Lokal Justru Paling Banyak Dicari Selama Ini

16 September 2021   |   08:55 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Bicara mengenai produk perawatan tubuh dan kecantikan biasanya identik dengan, produk-produk impor, terutama produk asal Korea Selatan yang diminati oleh anak muda. Namun, siapa yang menyangka kalau produk perawatan tubuh dan kecantikan lokal justru paling banyak dicari, terutama melalui platform daring. 

Tak bisa dimungkiri, berbelanja produk lokal kecantikan kini semakin dipermudah dengan kehadiran platform digital terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kategori Kecantikan menjadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat selama kuartal II/2021 di Tokopedia. Serum wajah, krim malam dan toner lokal menjadi produk paling diburu pada kategori tersebut,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak melalui keterangan resminya, dikutip Kamis (16/9/2021).

Platform digital juga telah menjadi panggung bagi para pelaku usaha di Tanah Air, tak terkecuali usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal di industri kecantikan untuk terus mempertahankan bisnis di situasi penuh tantangan seperti ini.

Berdasarkan riset dari LPEM FEB UI 2020 membuktikan bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki.

“Pandemi mendorong digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan,” tutup Nuraini.

Perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kecantikan yang memulai bisnisnya lewat Tokopedia di tengah pandemi adalah pemilik Gentle Hour, Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan.

Joyce mengatakan karena mengikuti kampanye Tokopedia Beauty Dealight, produk Gentle Hour bisa menjangkau pelanggan lebih jauh, bahkan hingga ke Papua.

Beauty Influencer, Affi Assegaf mengapresiasi kampanye tersebut lantaran memberikan panggung luas untuk para pegiat UMKM lokal kecantikan.

"Rasa bangga buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bioskop CGV Mulai Dibuka, Yuk Cek Lokasinya

BERIKUTNYA

6 Kiat Sederhana Saat Kalian Kewalahan Menghadapi Pekerjaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: